Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Jadah Tempe Sajian Khas Kaliurang Yogyakarta Manis dan Gurih

Diperbarui: 18 Desember 2022   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata sudah tentu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru negeri. Wisatawan sudah akrab dengan kuliner Yogyakarta yang sangat khas yaitu Gudeg dan Bakpia. Tetapi jika kita ke Kaliurang selain berwisata jeep lava tour bisa kita jumpai kudapan yang manis dan gurih. Kudapan yang lezat ini kombinasi jadah dan tempe bacem maka disebut Jadah Tempe. 

Dok. Pribadi

Melihat namanya penulis hampir terkecoh dan sempat bertanya kepada penjual. Penasaran seperti apa jadah tempe apa sama dengan tempe atau tahu bacem. Ternyata jadah tempe itu kombinasi jadah dengan tempe atau tahu bacem. Jadah yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dan ditumbuk halus atau biasa disebut gemblong. Rasa gemblong yang gurih dan bacem yang manis, menjadikannya kudapan ini sangat cocok untuk daerah dingin. 

Dok. Pribadi

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kuliner Jadah Tempe di kawasan wisata Kaliurang dibangun Rumah Promosi dan Pariwisata Jadah Tempe. Rumah ini menjadi sarana promosi dan wisata edukasi untuk masyarakat. Sehingga wisatawan bisa belajar dan mendapatkan informasi seputar jadah tempe. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline