Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Tio, Nelayan Sigempol Brebes Mengembalikan Penyu yang Terdampar di Tadang Udang Miliknya

Diperbarui: 1 Desember 2021   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi.

Dok.pribadi

Seorang nelayan dari Dukuh Sigempol, Randusanga Kulon, Brebes kaget, ketika mendapatkan penyu yang terperangkap ditadang udang miliknya. Tio (37) seperti biasa memeriksa tadang udang setiap siang untuk memeriksa hasil pemasangannya. 

Namun dia tidak menyangka selain udang terdapat juga penyu ukuran sedang berada didalamnya. Tak ayal hasil tangkapannya membuat penasaran teman-teman nya untuk melihat. 

Diantar teman-temannya dia membawa penyu untuk dikembalikan ke laut lepas. Dia tidak tahu darimana penyu itu berasal. Namun dia meyakini makhluk itu terbawa hanyut air rob yang sedang terjadi. Beberapa hari ini kawasan pesisir pantura Brebes dilanda air pasang yang menggenangi wilayah pemukiman sampai masuk ke rumah-rumaj. Kemungkinan besar penyu itu terbawa hanyut air pasang. 

Dok. Pribadi

Menurut penuturannya pelepasan penyu ke laut luas agar bisa kembali ke habitatnya. Karena sepengetahuannya penyu tersebut termasuk jenis yang dilindungi, jadi sudah seharusnya untuk dikembalikan keasalnya. 

Satu kebanggaan buat dirinya dan nelayan Sigempol bisa menyelematkan penyu. Karena sudah menjadi kewajiban sebagai warganegara, apalagi dirinya seorang nelayan. Sudah kewajiban kita semua untuk menjaga, melindungi dan melestarikan alam, agar kita terhindar dari bencana. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline