Mohon tunggu...
Bang Auky
Bang Auky Mohon Tunggu... Freelancer - KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Pariwisata adalah locomotif ekonomi baru dimana banyak gerbong yang mengikuti dari UMKM, Transportasi, Pemandu Wisata, Hotel dan Restoran, Seniman, Souvenir dan mitra-mitra pariwisata yang lain.

Selanjutnya

Tutup

Green Pilihan

Tio, Nelayan Sigempol Brebes Mengembalikan Penyu yang Terdampar di Tadang Udang Miliknya

1 Desember 2021   21:23 Diperbarui: 1 Desember 2021   22:01 95 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dok.pribadi

Seorang nelayan dari Dukuh Sigempol, Randusanga Kulon, Brebes kaget, ketika mendapatkan penyu yang terperangkap ditadang udang miliknya. Tio (37) seperti biasa memeriksa tadang udang setiap siang untuk memeriksa hasil pemasangannya. 

Namun dia tidak menyangka selain udang terdapat juga penyu ukuran sedang berada didalamnya. Tak ayal hasil tangkapannya membuat penasaran teman-teman nya untuk melihat. 

Diantar teman-temannya dia membawa penyu untuk dikembalikan ke laut lepas. Dia tidak tahu darimana penyu itu berasal. Namun dia meyakini makhluk itu terbawa hanyut air rob yang sedang terjadi. Beberapa hari ini kawasan pesisir pantura Brebes dilanda air pasang yang menggenangi wilayah pemukiman sampai masuk ke rumah-rumaj. Kemungkinan besar penyu itu terbawa hanyut air pasang. 

Dok. Pribadi   
(function(d,a,b,l,e,_) {
if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l);
e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js';
_=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_);
})(window,document,'dable','script');
dable('setService', 'kompasiana.com');
dable('sendLogOnce');
dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');
Dok. Pribadi (function(d,a,b,l,e,_) { if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l); e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js'; _=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_); })(window,document,'dable','script'); dable('setService', 'kompasiana.com'); dable('sendLogOnce'); dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');

Menurut penuturannya pelepasan penyu ke laut luas agar bisa kembali ke habitatnya. Karena sepengetahuannya penyu tersebut termasuk jenis yang dilindungi, jadi sudah seharusnya untuk dikembalikan keasalnya. 

Satu kebanggaan buat dirinya dan nelayan Sigempol bisa menyelematkan penyu. Karena sudah menjadi kewajiban sebagai warganegara, apalagi dirinya seorang nelayan. Sudah kewajiban kita semua untuk menjaga, melindungi dan melestarikan alam, agar kita terhindar dari bencana. 

(KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng|) 

Mohon tunggu...

Lihat Green Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan