Lihat ke Halaman Asli

Bambang Iman Santoso

CEO Neuronesia Learning Center

Neurosains untuk Kehidupan Lebih Baik

Diperbarui: 24 Maret 2020   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.neuronesia

Oleh: Bambang Iman Santoso, Neuronesia Community

Jakarta, 24 Maret 2020. Di dalam konsep NeuroscienceForLife ("en-ef-el"), dijelaskan bahwa di dalam otak normal tersimpan potensi hebat, apabila dilakukan intervensi dengan benar, maka potensi hebat itu akan keluar dalam bentuk sikap dan perilaku manusia unggul dan tangguh. Menurut dr. Amir Zuhdi, salah satu co-founder komunitas Neuronesia.

Otak Sehat adalah bagian dari sistem otak yang mengasah potensi hebat. Dalam riset neurosains terkini telah ditemukan adanya hubungan yang sangat erat antara perilaku manusia dan kinerja otak. Dengan menggunakan alat pencitraan otak yang bernama PET (positron emission tomography) telah ditemukan enam wilayah otak yang berhubungan dengan perilaku manusia. Keenam bagian inilah yang secara menyeluruh membangun sirkuit otak sehat (healthy brain). Otak Sehat akan menghasilkan pikiran dan perasaan yang baik, pikiran dan perasaaan yang baik akan menghasilkan sikap dan perilaku yang unggul dan tangguh.

6 Kebiasaan Otak Sehat

Konsep NeuroscienceForLife menggunakan "6 Kebiasaan Otak Sehat" (The 6 Habits of Healthy Brain) sebagai bahan pelatihan, di bawah ini :

1. Paham Otak

Cara kerja PFC (pre-frontal cortex) otak bagian depan persis di belakang dahi, mengajarkan bahwa pemahaman atas sesuatu yang akan kita kerjakan why, what, how menjadi titik utama dalam pembangunan kesadaran kita. Otak yang bekerja secara utuh, the whole brain system, akan melahirkan kesadaran yang utuh. Kesadaran atas potensi hebat yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia.

Otak bekerja dengan sistem yang sangat menajubkan. Milyaran sel saraf yang membentuk trilyunan sambungan yang akan menentukan hebat dan tidaknya seorang manusia. Semakin banyak dan kuat sambungannya, semakin "lancar" proses biokimia dan elektrik di tingkat sambungan synaps memungkinkan manusia semakin hebat. 

Otak juga tumbuh dengan etika dan nilai-nilai. Etika yang baik dan nilai-nilai luhur merupakan bagian penting yang dapat mengasah potensi hebat yang ada di dalam otak manusia. Pikiran, perasaan dan karakter perilaku merupakan "produk" yang dihasilkan dari sistem otak, brain system. Pikiran dan perilaku yang baik akan membaikan struktur dan fungsi otak. Struktur dan fungsi otak yang baik akan membaikkan pikiran dan perilaku. Demikian juga sebaliknya. Memahami cara otak bekerja akan melahirkan kesadaran yang utuh dan menyeluruh.

2. Olah Otak

Olah Otak adalah salah satu cara untuk menjaga keberadaan Otak Normal yaitu otak yang bekerja baik, tidak cacat atau tidak cidera dan tidak terkena penyakit. Otak Normal adalah sebutan otak yang secara struktur dan fungsinya normal serta tidak ada catat dan tidak dalam kondisi patologis, penyakit otak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline