Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Locke: Some Thoughts Concerning Education [6]

Diperbarui: 11 Oktober 2018   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Locke: "Some Thoughts Concerning Education(6):

Buku dengan judul: ["Some Thoughts Concerning Education"] atau "Beberapa Pikiran Mengenai Pendidikan" diterbitkan dalam tahun 1693 oleh filsuf Inggris bernama John Locke. Buku ini dengan mudah di download di google berbentuk pdf full text. John Locke, The Works of John Locke, vol. 8 (Some Thoughts Concerning Education, Posthumous Works, Familiar Letters) [1690]. Buku ini adalah nasehat bagi pendidik, orang tua, dan lembaga pendidikan di Indonesia masih relevan untuk dibatinkan kesesuaian dengan pemikiran Locke. Karena itu menjadi penting menjadi anak-anak atau pendidikan yang memiliki jiwa yang tegak dan utuh dan hanya berdiri pada unsur kebaikan, terbaik dari dirinya sendiri.

Locke: "Some Thoughts Concerning Education" pada tulisan ke enam (6): membahas tentang "Lebih Banyak Pemikiran tentang Otoritas dan Disiplin". Rasa malu (Jawa "Isin") adalah bagian besar dari rencana pembentukan disiplin metode  Locke. Karena anak sangat tertarik untuk mendapatkan persetujuan orang tuanya, rasa malu sangat efektif untuk mencegah perilaku buruk.

Untuk membuat rasa malu lebih efektif, Locke menunjukkan bahwa orang tua tidak melarang kejahatan apapun sebelum anak tersebut melakukan kejahatan. Jika orang tua melarang kejahatan maka anak akan mendapat kesan bahwa kejahatan itu wajar dan diharapkan. Sebaliknya, orang tua harus menunggu sampai anak tersebut berbuat salah dan kemudian bereaksi dengan kengerian dan ketidakpercayaan, seolah-olah anak itu telah melakukan hal yang aneh. Dengan cara ini, anak akan benar-benar dipermalukan, dan sangat tidak mungkin untuk melakukan pelanggaran dengan cara yang sama lagi.

Menggunakan ["rasa malu"] sebagai alat tidak hanya harus menggantikan pemukulan, menggantikan berteriak marah, atau menegur nada kasar. Berteriak, Locke mengklaim, mengurangi kewibawaan orang tua karena anak-anak dapat mengatakan bahwa jeritan berasal dari nafsu bukan akal dan karena itu mereka kurang menghormati orang tua mereka. 

Selain itu, ketika orang tua berteriak, si anak sering mendapat kesan bahwa orang tua tidak menyukainya, dan bukan hanya kesalahannya. Akhirnya, teriakan biasanya disertai dengan bahasa yang buruk dan karenanya menjadi contoh yang buruk bagi anak. Di waktu dan tempat saat berteriak, Locke menunjukkan pandangan yang parah, atau beberapa kata kuburan,  nama-nama hewan, setan,  atau baik hati, dan tenang.

Pada topik disiplin, Locke berhati-hati untuk memperingatkan bahwa orang tua tidak menghukum anak-anak karena kesalahan mereka daripada membentuk karakter baik bagi mereka. Anak-anak secara alami keras, riuh, sedikit liar,  dan sulit diatur. Ini bukan hal yang buruk, dan itu bukan sesuatu yang harus ditertibkan.

Ketika anak itu dewasa dia akan secara alami mengatasi kualitas-kualitas ini, dan ketika dia masih muda mereka akan melayani kebaikannya dengan memberinya kekuatan dan energi untuk bermain dan belajar. Seorang anak, kata Locke, harus dibiarkan bebas dan tidak terkendali; dengan kata lain, seorang anak harus diizinkan untuk bertindak seperti anak kecil.

Locke memang membuat satu pengecualian terhadap aturan menentang hukuman berat. Dia memungkinkan pemukulan dalam kasus keras kepala atau pemberontakan; jika anak menolak otoritas orang tua secara langsung, maka tindakan ekstrem harus diambil. Ini karena ketegaran mengancam seluruh sistem pendidikan.

Jika otoritas orang tua tidak dihormati (persisnya apa yang terjadi dalam ketegaran) maka kebajikan tidak dapat ditanamkan. Locke memperingatkan, meskipun, orang tua harus membedakan antara ketegaran sejati (di mana anak benar-benar memberontak terhadap otoritas orang tua) dan kekanak-kanakan (di mana anak hanya menegaskan klaimnya sendiri terhadap kebebasan, tanpa benar-benar menantang supremasi orang tua ).

Jika hal ini terjadi maka pemukulan itu harus berat dan tidak henti-hentinya. Anak harus dipukuli sampai ketegarannya rusak. Dengan cara ini, anak tidak akan pernah dipukuli lagi. Selain itu, pemukulan harus ditunda sampai signifikan setelah pelanggaran, sehingga tidak akan ada gairah dicampur dengan hukuman. Itu harus dilakukan oleh pendidik (guru), dan bukan oleh orang tua, sehingga anak tidak mengembangkan asosiasi negatif dengan orang tuanya. bersambung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline