Mahasiswa KKN Kolaboratif 012 mendorong kemajuan ekonomi desa melalui program Digitalisasi Marketing. Program ini diwujudkan dengan membantu mendaftarkan usaha mikro dan UMKM yang belum terdaftar di Google Maps agar lebih mudah ditemukan oleh konsumen.
Langkah ini diawali dengan pendataan UMKM dan usaha warga desa. Setelah itu, tim KKN melakukan proses pendaftaran di Google Maps, mulai dari penentuan titik lokasi, deskripsi usaha, hingga menambahkan foto produk. Dengan cara ini, usaha warga kini dapat diakses secara luas hanya dengan mengetik nama usaha atau jenis produk di mesin pencarian Google.
Program ini disambut baik oleh para pelaku usaha karena sangat membantu promosi tanpa biaya tambahan. Selain itu, kehadiran UMKM di platform digital juga meningkatkan peluang pasar, memperluas jangkauan konsumen, sekaligus memperkenalkan potensi ekonomi Desa Tembokrejo ke masyarakat yang lebih luas. Dengan adanya digitalisasi marketing, diharapkan UMKM desa dapat berkembang pesat, berdaya saing, dan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI