Lihat ke Halaman Asli

Atika Hidayati

Universitas Dian Nuswantoro

PPSDM Migas Kuatkan Pengetahuan tentang Assessment Quantity Accounting System untuk SKK Migas Perwakilan KalSel

Diperbarui: 28 November 2022   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Minyak dan gas bumi seperti diketahui mempunyai tiga jargon utama yaitu padat modal, padat teknologi risiko tinggi. Adanya modal yang tinggi membuat perusahaan harus menekan losses yang kerap terjadi industry migas ini. Losses adalah penyusutan bahan bakar migas dapat merugi hingga ratusan milyar dan dapat berdampak pada profit perusahaan.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengingat pentingnya implementasi penghitungan jumlah minyak dan gas bumi mengadakan pelatihan Assessment Quantity Accounting System kepada SKK Migas Perwakilan Kalimantan -- Sulawesi selama dua minggu yang dimulai pada Senin (21/11/22)

Dokpri

Mohammad Hasan Syukur, Pemimpin Pelatihan ini menjelaskan tujuan pelatihan ini untuk perusahaan di sektor migas.

"Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan agar bisa melakukan perhitungan minyak dan gas, baik yang ada di tangki ataupun di perpipaan meliputi materi Pengetahuan Crude Oil, Coaching di Tempat Kerja, Karakteristik Produk Gas, Sampling Gas, dan Analisis Mutu Gas," ungkapnya.

Ia menambhakan bahwa kebenaran perhitungan sangatlah diperlukan untuk menghindari perbedaan pengukuran antara penerimaan dengan pengiriman yang disebut Discrepansi atau loss / gain dalam operasi arus minyak.

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline