Lihat ke Halaman Asli

Jaring Laba-Laba; si Mungil yang Kuat

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1339210494707791665

Pernah memperhatikan jaring laba-laba? [caption id="attachment_186850" align="alignnone" width="541" caption="Gambar: jepretan sendiri"][/caption] Buat sebagian orang, jaring laba-laba hanya membuat kumuh pemandangan rumah dan membuat rumah terkesan tua dan tidak terawat. Buat sebagian lainnya, jaring laba-laba adalah objek yang menakjubkan. Mengapa bisa demikian, karena banyak fakta menarik seputar jaring laba-laba?

  • Jaring laba-laba yang umum kita temukan di rumah dan taman memiliki diameter 0.003 mm.
  • Jaring laba-laba memiliki sifat yang lebih baik bahkan dari baja sekalipun. Jika dihitung, rasio kekuatan per berat yang dimiliki jaring laba-laba adalah 5 kali lebih kuat dari pada baja.
  • Jaring laba-laba juga memiliki sifat elastis yang tidak dimiliki baja. Ia dapat meregang 30-40% dari panjang awalnya tanpa putus. Elastisitas ini setara dengan elastisitas karet.
  • Bahan pembuat jaring laba-laba awalnya adalah cairan yang larut dalam air. Namun begitu keluar dari badan laba-laba, cairan tersebut berubah menjadi bahan yang tidak larut dalam air.
  • Dengan kombinasi kekuatan dan elastisitasnya, jaring laba-laba bahkan dapat mengalahkan  Kevlar® -bahan anti peluru yang lazim digunakan dalam jaket anti peluru- dalam hal menyerap energi yang timbul akibat benturan dengan benda lain.

Jadi, siapa bilang yang mungil itu pasti lemah :) [caption id="attachment_186871" align="alignnone" width="541" caption="Gambar: jepretan sendiri"]

13392123491440064388

[/caption] Tulisan ini di daftarkan ke WPC 8, Fotografi Minimalis. Untuk mrlihat jepretan teman yang lain, silahkan tengok link berikut http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/06/09/weekly-photo-challenge-minimalist-photography/ Referensi http://www.saching.com/Article/Facts-about-Spiders--Spider-web-silk-is-5-times-stronger-than-steel/719 http://www.loc.gov/rr/scitech/mysteries/spiderweb.html



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline