Lihat ke Halaman Asli

Antisipasi Pencurian setelah Komputer Lima Sekolah Hilang Jelang UNBK

Diperbarui: 24 Maret 2018   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Untuk menghindari pencurian computer menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, SMA Walisongo Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah mengamankan sejumlah computer dan server yang akan digunakan untuk ujian. Hal ini sebagai antisipasi dini terjadinya pencurian yang dilakukan oleh pihak pihak yang berupaya menggagalkan UNBK.

"Kami sepakat bersama Yayasan, untuk mengamankan computer yang akan digunakan UNBK di suatu tempat yang aman," tutur Kepala SMA Walisongo Ketanggungan Ahmad Amin, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (24/3).

Jangan sampai akibat keteledoran, lanjutnya, menjadikan UNBK gagal. Apalagi, UNBK menjadi hal yang terpenting dalam perjalanan seorang siswa menempuh pendidikan.

Amin menceritakan, beberapa waktu yang lalu banyak sekolah di Brebes yang mengalami pencurian computer. Padahal computer menjadi piranti utama dalam penyelenggaraan UNBK. Diantaranya, kasus pencurian computer terjadi di SMK Maarif Paguyangan, Senin (12/3) sebanyak 18 unit CPU raib dari sekolah tersebut. 

Selain di SMK Maarif, kasus pencurian komputer juga menimpa SMK Bhara Trikora, SMK Muhammadiyah Paguyangan, SMA Negeri 1 Bumiayu, dan SMA Negeri Tonjong. Kasus tersebut membuat para kepala sekolah kebingungan.

"Kalau terjadi pencurian, tentu repot banget apalagi sebagai sekolah swasta yang pembiayannya secara mandiri, maka harus waspada," ucap Amin.

Sekolah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman 87 Ketanggungan Brebes, tahun pelajaran 2017/2018 merupakan UNBK Mandiri kedua. Pada UNBK tahun lalu, seluruh siswa lulus 100 persen.

"Untuk tahun ini ada 75 siswa yang mengikuti UNBK Mandiri," ungkapnya.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan diantaranya Simulasi UNBK sampai tiga kali, tambahan pelajaran, dan juga istighosah untuk melatih fisik dan mental peserta ujian.

UNBK itu sendiri, bakal dilaksanakan pada 9 sampai 12 April 2018 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan siswa.

 Sedang mulai 19 sampai 28 Maret 2018, lanjutnya, tengah berlangsung Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline