Lihat ke Halaman Asli

Moch. Ariyanto

Pembelajar yang santun

Squad Elit, Menang Sulit: Persib Bandung bak Maung yang Kehilangan Taring, Ada Apa dengan Persib?

Diperbarui: 4 September 2022   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Instagram @persib

Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat yaitu Persib Bandung saat ini sedang dalam performa yang buruk. Dari 7 laga yang sudah dimainkan Persib hanya mampu meraih 2 kali menang, 1 kali imbang dan 4 kali kalah. Hasil yang kurang pantas didapat oleh tim sekelas Persib Bandung yang notabenenya bersaing dipapan atas klasemen Liga 1.

Lantas apa yang salah dengan Persib Bandung?? Jika dilihat dari segi materi pemain, sebenarnya Persib merupakan tim yang bertabur pemain bintang, bahkan slot pemain asing di Persib juga diisi dengan pemain berkelas bukan pemain kaleng-kaleng, diantaranya adalah David Da Silva, Ciro Alves, Nick Kuipers dan Daisuke Sato. 

Selain itu, Persib Bandung juga memiliki pemain naturalisasi yang berlabel Timnas Indonesia, dia adalah Marc Anthony Klok, Victor Igbonefo dan Ezra Walian. Disisi pemain lokal, Persib juga mempunyai nama-nama kondang dan mentereng seperti Febri Hariadi, Beckham Putra, Dedi Kusnandar, serta kiper tangguh Teja Paku Alam.

Bobotohpun mendesak manajemen untuk mengganti pelatih Robert Rene Albert, tagar #reneout ramai dan trending di media sosial beberapa waktu lalu, Bobotoh menilai kinerja sang pelatih tidak mampu memberikan perkembangan yang signifikan selama menangani klub, baik dari segi taktik maupun mental. Alhasil Persib Bandung mengakhiri kerjasama dengan pelatih asal Belanda itu pada pekan ketiga setelah kalah 4-1 dari Borneo FC. 

Dibawah asuhan pelatih sementara (Coach Budiman) Persib sebenarnya sempat mendapat angin kembali. 

Dipekan keempat dan kelima berhasil meraih kemenangan dari dua tim asal Jawa Tengah yaitu 2-1 atas PSIS Semarang dan 1-0 atas PSS Sleman. Setelah itu persib kalah oleh Bali United di kandang sendiri dengan skor 2-3 padahal bali harus bermain dengan 10 pemain sepanjang babak kedua, setelah kiper utama mereka Nadeo Argawitana diusir wasit diakhir babak pertama.

Sebelum memasuki pekan keenam Persib mengumumkan Luis Milla sebagai pelatih baru mereka. Luis Milla sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepakbola Indonesia, pelatih asal Spanyol tersebut juga pernah menangani Timnas Indonesia pada tahun 2017-2018. 

Kehadiran sang pelatih diharapkan mampu mengangkat performa tim dan mental para pemain, terlebih untuk Winger Persib yaitu Febri Hariadi yang sering dikritik boleh bobotoh karena akhir-akhir ini belum kembali ke performa terbaiknya. Diketahui Febri Hariadi merupakan pemain andalan Luis Milla ketika menangani Timnas Indonesia.

Debut Luis Milla bersama persib adalah saat Persib bertandang ke markas PSM Makassar pada pekan ke 7 lanjutan liga 1, namun sang pelatih belum bisa mendampingi tim dari tepi lapangan dikarenakan ada faktor administrasi yang belum rampung. Dan dilaga ini Persib terpaksa harus mengakui keunggulan tim tuan rumah, Persib kalah dengan skor telak 5-1. 

Hari Minggu sore (4/9/22) Persib akan melakoni laga melawan Rans Cilegon sekaligus laga kedua bagi Luis Milla. Akankah Luis Milla berhasil mendapatkan kemenangan perdananya bersama persib Bandung di laga kali ini, dan mampukah Luis Milla mengembalikan taring Maung yang hilang itu? Layak untuk kita nantikan bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline