Lihat ke Halaman Asli

Belajar IT untuk Solusi

Diperbarui: 20 Desember 2018   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Judul ini saya tuliskan pada laman ini sebagai ungkapan motivasi bagi saya agar  memiliki semangat mengikuti diklat IT  secara daring ini. Diklat daring seperti baru pertama kali saya lakukan apalagi di sela liburan akhir tahun. Kepadatan kegiatan akhir tahun biasanya saya isi dengan liburan bersama keluarga, kali ini meski berlibur saya harus berusaha membagi waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas diklat ini.

Diklat daring Dogmit Guru Melek IT ini menjadi menarik untuk saya ikuti, karena melihat Tema Diklat yang menarik dan sangat tepat seperti yang saya butuhkan saat ini. Proses Pembelajaran yang bisa dilakukan dengan menggunakan model blended learning yaitu penggabungan antara model tatap muka daring. 

Harapan terbesar setelah mengikuti diklat ini saya dapat memiliki Media Pembelajaran yang memudahkan proses pembelajaran bersama peserta didik. Salah satu kebutuhan IT yang saya rasakan dalam membantu mempermudah proses pembelajaran saya saat ini adalah Media Pembelajaran yang memudahkan Peserta Didik kelas XI pada saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan selama 6 bulan.

Lebih dari 4 tahun lamanya kegiatan pembelajaran pada saat siswa kelas XI PKL dilaksanakan dengan sistem modul berbiaya tinggi, setiap siswa diberikan foto copi modul yang tebal, dan diminta untuk mempelajarinya di saat senggang waktu PKL. 

Setiap bulan saat kembali di sekolah 2 hari dilaksanakan ulangan untuk materi modul yang diberikan, hasilnya ternyata banyak peserta didik yang nilai nya sangat rendah di bawah KKM. Alasan yang dikemukakan adalah malas membaca buku modul yang tebal dan susah mengatur waktu antara bekerja PKL dengan belajar. Permasalahan inilah yang akan saya coba pecahkan dengan belajar IT ini dengan memanfaatkan media pembelajaran online.

Semoga setelah melaksanakan diklat daring DOGMIT Guru Melek IT ini saya mampu menerapkan apa yang saya pelajari untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembelajaran kepada Peserta Didik di sekolah kami. Pun juga diharapkan mampu memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik pada saat PKL agar dapat memudahkan membagi waktu antara belajar dan bekerja PKL.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline