Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Administrasi, BK MTsN 1 Bantul Rekap Kehadiran Siswa

Diperbarui: 16 April 2024   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Kehadiran siswamerupakan salah satu masalah penting dalam pengelolaan siswa di sekolah, karenahal ini sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Di samping itu,kehadiran dan ketidakhadiran siswa di sekolah merupakan gambaran tentangketertiban suatu sekolah. Informasi tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswaini sangat berguna untuk pengambilan kebijakan, baik pada tingkat kelas maupunsekolah serta dapat digunakan untuk kepentingan pemberian bimbingan kepadasiswa yang mengalami kesulitan dalam menunaikan kewajiban kehadirannya disekolah. Oleh karenanya, MTsN 1 Bantul melaksanakan rekapitulasi kehadiransiswa setiap hari oleh guru piket dan guru BK. Hasil rekapitulasi harian iniakan diteruskan ke rekapitulasi mingguan dan bulanan, yang pada akhirnya nantiakan menjadi laporan tingkat kehadiran siswa selama semester berjalan sebagaiacuan catatan di rapor.

Salah satu tugas BK dalam layanan bimbingansiswa, bisa mengacu pada hasil rekapitulas kehadiran siswa. Ada banyak sumberpenyebab ketidakhadiran siswa di sekolah, baik yang bersumber dari dalam dirisiswa itu sendiri (faktor internal), misalnya karena disiplin diri dan motivasibelajar yang rendah, maupun dari luar diri siswa (faktor eksternal), misalnyalingkungan sekolah dan pergaulan yang kurang kondusif. "Kami bisa mengetahuiindikasi permasalahan siswa dari rekap kehadirannya, sehingga kami bisamenentukan layanan yang bisa kami berikan pada siswa tersebut," ujar Murwantisalah satu guru BK saat melakukan rekapituliasi kehadiran siswa pada Selasa (16/04/2024). Selain sebagai bahan pertimbangan kenaikansiswa, rekapitulasi ini sebagai satu bentuk tertib administrasi yanngmemberikan kemudahan data dalam menentukan kebijakan dalam proses pembelajaransiswa. 

dokpri

"Setiap ada siswa yang tingkat kehadirannyaagak banyak, langsung kami adakan penyelesaiannya melalui wali kelas, BK, atautim kedisiplinan," ujar Fatah selaku wakamad bidang kesiswaan. Home visit,pemanggilan orang tua ke madrasah, bimbingan langsung ke siswa, adalah beberapabentuk layanan dalam menyelesaikan permasalahan siswa yang biasanya terdeteksidari tingkat kehadirannya di madrasah. (MUR/ARF)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline