Lihat ke Halaman Asli

Ari Budiyanti

TERVERIFIKASI

Lehrerin

Belajar di Rumah, Siapa Takut? Yuk Buat "Flash Card" Bahasa Inggris Sendiri! (Tema Hewan dan Bunga)

Diperbarui: 26 April 2020   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Belajar di rumah bersama orang tua harus dilakukan dan sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Bagaimana mengisi sisa waktu yang ada saat di rumah? Jika tugas-tugas sudah dikerjakan semua dan masih banyak waktu luang, lalu selanjutnya mengerjakan apa ya? 

Ini ada satu alternatif aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak. Atau jika anak-anak Anda sudah dewasa, bisa dilakukan sendiri oleh mereka. Membuat flash card.

Flashcard adalah kartu-kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata. Flash card ini diperkenalkan oleh Glenn Doman, seorang dokter ahli bedah otak dari Philadelphia, Pennsylvania. (Sumber Jojotoys).

Saya pernah membuat beberapa flashcard beberapa tahun lalu. Caranya mudah sekali. Semua foto yang saya hasilkan tinggal digabungkan dengan kata-kata keterangan mengenai gambar. 

Saya membuat flascard tentang definisi beberapa kosakata dalam bahasa Inggris (vocabularies). Sumber foto semua dari hasil jepretan saya. Sementara definisi foto saya ambil dari Webster's Unabridged Dictionary.

Beberapa tema flashcard yang saya buat adalah:

1. Animal / Hewan

Kupu-kupu. Photo by Ari

Kupu-kupu cantik ini hinggap di bunga Euphorbia/Brunai. Saya tuliskan nama Kupu-kupu tersebut dalam bahasa Inggris, butterfly dan satu definisi tentang kupu-kupu.

Belalang. Photo by Ari

Foto berikut adalah belalang. Dalam bahasa Inggris disebut grasshopper. Selanjutnya saya tuliskan definisinya dalam bahasa Inggris pula. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan menulis dan membaca dalam bahasa Inggris.

Laba-laba. Photo by Ari

Foto berikutnya adalah laba-laba. Hewan ini banyak yang mengira termasuk serangga. Ternyata bukan golongan serangga. Serangga mempunyai 6 kaki. Sedangkan laba-laba ada delapan kaki. Definisinya tercantum di bagian samping gambar.

Kucing di halaman depan rumah. Photo by Ari

Hewan berikutnya adalah kucing. Kami tidak memelihara kucing di rumah. Kucing-kucing liar suka berdatangan dan singgah di halaman depan rumah. Mungkin karena suasana sejuk banyak tanaman, kucing-kucing ini betah. 

2. Tema Tumbuhan Bunga/Flower

Tema berikutnya yang saya ambil adalah tumbuhan. Saya memang penggemar bunga, jadi koleksi foto bunga saya banyak. Beberapa di antaranya saya jadikan flash card.

Bunga. Photo by Ari

Bunga cantik ini sebagai wakil keindahan bunga-bunga lainnya. Maka saya mengambil definisi dari bunga menggunakan gambar di atas. Sementara beberapa bunga lainnya saya sebutkan nama bunganya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline