Lihat ke Halaman Asli

Arfiani Yulianti Fiyul

Dosen Indonesia

Atap Seng Rumah yang Bocor

Diperbarui: 13 Desember 2022   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Memanfaatkan Steroform Bekas  untuk mengatasi Atap Rumah Bocor

Oleh : Arfiani Yulianti Fiyul

Masih teringat sekali, saat rumah bocor karena rumah kami di Sulawesi beratapkan "Seng".  Penulis membayangkan mungkin  pada saat memasang atap dari bahan seng itu,  pasti tukangnya menggunakan "paku".  Jadi di antara pemasangan paku ke seng maka ada celah-celahnya mengakibatkan ada kebocoran. 

Memang hanya sebuah lubang kecil, namun setelah dibiarkan mengakibatkan air hujan turun juga membasahi rumah kami.  Pastinya memanggil ahlinya untuk mengurangi tetesan dan rembesan air hujan itu, namun beberapa kali menggunakan jasa tukang bangunan masih saja ada rembesan air hujan dimana-mana.

Bapak ku lalu berfikir dan naik keatas seng rumah, yang sebelum naik beliau mencairkan bahan sisa dari bahan stereform lalu di campurkan dengan bahan bakar bensin, lalu mencair.  Bahan yang sudah mencair lalu di tempelkan pada setiap celahan-celahan paku dan seng tersebut, dan hasilnya pun luar biasa, tetesan air hujan pun berhenti, tanpa mengganti atap rumah yang sudah ada.  Campuran bahan bakar bensin dan steroform menjadi perekat yang sangat kuat.

Wah, ide brilian, hanya saja cara bapak ku adalah khusus rumah atap seng.  Silahkan mencoba semoga berhasil, kalau belum berhasil silahkan memanggil ahlinya atau mengganti atap seng rumah anda dengan "atap-atap" rumah  masa kini.

 Cimahi, 13 Desember 2022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline