Lihat ke Halaman Asli

Overthinking

Diperbarui: 27 September 2021   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Overthinking adalah hal yang sering kita lakukan tanpa sadar, namun apa sih arti dari overthinking tersebut? overthinking merupakan keadaan berpikir yang terus kita lakukan terus menerus tanpa akhir, tentu membuat kehidupan kita menjadi tidak nyaman.

Overthinking bisa dipicu karena belum bisa memaafkan masa lalu, tengah mencintai orang, ada seseorang yang melukai anda tanpa disadari.

Kapan waktu kita biasanya overthinking? anytime and anywhere, tapi bagi kebanyakan orang overthinking dilakukan pada saat malam hari, tepatnya ketika sebelum tidur. 

Sehingga menyebabkan insomnia seperti yang dikutip dari halodoc bahwa insomnia terjadi ketika kita mengalami stress, kecemasan dan depresi . 

Dilansir dari the health site, beberapa masalah yang kerap muncul akibat overthinking antara lain menyebabkan gangguan metabolisme, merusak kesehatan kulit, masalah pencernaan.

Hal-hal yang membuat overthinking:

1. rasa cemas yang berlebihan.

rasa cemas yang berlebihan bukan merupakan suatu hal yang bagus untuk pikiran kita, ketika kita cemas maka otak dan perbuatan kita tidak sejalan, sehingga kita banyak melakukan kesalahan.

2.perkataan orang lain.

banyak orang yang menerima kritik dan saran dari orang lain, entah itu membuat kita merasa lebih baik, atau buruk. namun pada sebagian orang lainnya perkataan orang lain merupakan pisau yang menusuk perlahan ke dalam diri kita tanpa kita sadari. sehingga kita tidak bisa menerimanya dengan baik.

Apa bahayanya overthinking ini?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline