Lihat ke Halaman Asli

Anggita Aprilia Utami

Belajar menjadi yang terbaik untuk dirimu dan orang disekitarmu.

Dampak Implikasi Globalisasi di Dunia Pendidikan

Diperbarui: 5 Desember 2020   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar : https://1.bp.blogspot.com/

Era globalisasi sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan. Seperti bidang teknologi dan transportasi, bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial dan budaya, bidang komunikasi, bidang pendidikan, dan bidang lainnya. 

Nah sekarang kita akan membahas, apa sih implikasi globasasi dalam dunia pendidikan? Namun sebelumnya kita harus memahami apa itu implikasi globalisasi. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata implikasi adalah keterlibatan atau keadaan terlibat. Sedangkan globalisasi secara umum dapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia, menjadi global atau mendunia. 

Jadi, implikasi globalisasi dapat kita artikan yaitu keterlibatan proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Dalam dunia pendidikan, globalisasi sangat berpengaruh besar. Hal ini, dapat kita lihat adanya dampak positif dan negatif dari globalisasi. Dampak positif globalisasi bagi dunia pendidikan sebagai berikut.

>>Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang tidak selalu tatap muka

Sistem pembelajaran di era globalisasi dapat dilakukan secara online atau biasa disebut e-learning. Sistem pembelajaran seperti ini tidak mewajibkan peserta didik dan pendidik untuk saling bertemu dan bertatap muka untuk melakukan pembelajaran.

>>Kemudahan mengakses informasi pendidikan

Di era globalisasi yang serba modern ini, mempermudah peserta didik mengakses informasi-informasi pendidikan melalui internet. Sehingga sumber-sumber materi yang di dapat juga lebih kompleks.

>>Meningkatnya kualitas pendidikan

Kemajuan teknologi sebagai dampak globalisasi dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Tenaga pendidik dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah penyampaian materi saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.

>>Meningkatnya kualitas tenaga pendidik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline