Lihat ke Halaman Asli

Ammar FawwazHandoyo

Mahasiswa biasa

Sosialisasi Kelelahan Kerja di Rumah Jamur: Sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kelelahan Kerja

Diperbarui: 30 November 2021   20:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Banyumeneng (20/11/2021) -- Kelelahan kerja atau fatigue merupakan kondisi dimana fisik ataupun mental mengalami penurunan fungsi sehingga mengakibatkan efektivitas dan efisiensi kerja menurun. Kelelahan kerja dapat terjadi pada siapa saja. Tidak hanya pada pekerja yang melakukan pekerjaan fisik atau berat, namun juga dapat terjadi pada pekerja kantoran atau bahkan dapat terjadi pada pekerja sektor UMKM. Kelelahan kerja dapat diakibatkan oleh beban kerja yang terlalu berat, lingkungan kerja yang kurang mendukung, iklim kerja panas, stress, konflik kerja, dan lain sebagainya.

Rumah Jamur merupakan salah satu usaha yang baru berdiri di tengah pandemi ini. Rumah Jamur berlokasi di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Hingga saat ini, Rumah Jamur telah berusia 2 bulan sejak tanggal diresmikannya. Rumah Jamur kini dijaga oleh satu orang saja, yang juga sekaligus mengelola warung soto. 

Melihat hal seperti itu, Tim Program Holistik Pembinaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) BEM FKM Undip, berinisiatif untuk memberikan informasi dan juga pencerdasan kepada penjaga Rumah Jamur. Tujuannya adalah, agar penjaga Rumah Jamur mengetahui apa saja yang menandakan seseorang mengalami kelelahan kerja dan bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya.

Sosialisasi dilakukan menggunakan poster yang berisikan definisi dari kelelahan kerja, gejala, serta cara pencegahannya. Berikut adalah gambaran dari poster terkait:

Sumber: Dokumen Pribadi

Harapannya, setelah dilakukan sosialisasi tersebut, penjaga Rumah Jamur dapat lebih mengenal lagi apa itu kelelahan kerja atau fatigue, gejala yang timbul serta bagaimana cara mencegahnya.

Penulis: Ammar Fawwaz Handoyo (25000118130174), Mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline