Lihat ke Halaman Asli

Dede Amar Udi Ilma

International Program For Law and Sharia ( IPOLS )

Ancaman Nyata Asimtomatik, Penderita Covid-19 Tanpa Gejala Klinis

Diperbarui: 22 Maret 2020   06:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga menggunakan masker setelah turun dari kereta rel listrik di stasiun Palmerah, Jakarta, Selasa (3/3/2020). (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya- Jonathan Swift

Ancaman asimtomatik merupakan satu hal serius di tengah mewabahnya covid-19. Dilansir dari Wikipedia, asimptomatik adalah suatu penyakit di mana si penderita tidak menyadari adanya gejala klinis apapun. Penyakit ini tidak bisa terdeteksi jika si penderita tidak melakukan tes medikal. 

Adapun beberapa jenis tes medikal yang perlu dijalani seperti pemeriksaaan laboratorium, sinar X, tes darah, dan pemeriksaan lainya. Beberapa penyakit masih belum diketahui gejalanya dalam kurun waktu yang panjang.

Sebagaimana kita ketahui jumlah pasien positif terinfeksi di Indonesia (20/03/2020) berjumlah 369 jiwa. Jumlah tersebut memiliki rincian korban sembuh sebanyak 17 jiwa dan korban meninggal 32 jiwa. Jumlah ini akan betambah hingga waktu yang belum ditentukan.

*update per 21/03/2020: Positif covid-19 di Indonesia berjumlah 450 kasus, 38 orang meninggal dunia.

Selanjutnya, kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah sebaran covid-19 yaitu dengan cara melakukan tes massal pada daerah yang diketahui rawan persebaran pandemi covid-19 sesuai dengan hasil penelusuran.

"Hari ini pemerintah telah memulai untuk melakukan tess massal sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinfeksi covid-19 ataukah tidak" Ungkap Presiden Joko Widodo dilansir dari laman detik.com (20/03/2020)

Ancaman Asimtomatik

Ancaman asimtomatik ini telah menyerang salah satu aktor Hollywood yaitu Idris Elba dan keluarga. Dalam pesanya ia mengatakan:

"Pagi ini saya menerima hasil tes covid-19, dan hasilnya positif. Kondisi saya sekarang baik-baik saja dengan Sabrina (Istri), tidak ada gejala apapun pada tubuh saya." ujarnya dilansir dari laman Line Today (17/03/2020).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline