Lihat ke Halaman Asli

Alvin TriseptiaMairis

Universitas Diponegoro

Petualangan Cerdas di Dunia Komputasi: Mahasiswa KKN Tantang Siswa SD Berpikir Kreatif dan Kritis

Diperbarui: 30 Juli 2023   07:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Akhir Kegiatan Pembelajaran. (sumber: dok pribadi)

Pengkol (22/07/23) salah satu mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (Undip) yang bernama Alvin Triseptia Mairis melaksanakan program kerja monodisiplin yang bertujuan untuk mengenalkan konsep berpikir komputasional kepada para siswa kelas 5 di SDN 1 Pengkol, Karanggede, Boyolali.

Pembelajaran terlebih dahulu dimulai dengan pengenalan dasar-dasar komputer yang mencakup cara menggunakan mouse, mengetik menggunankan keyboard, serta mencoba mengoperasikan komputer dengan mengerjakan simulasi asesmen nasional SD. Tujuan dari pengenalan dasar-dasar komputer ini adalah untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023.

Sesi Diskusi Kegiatan Permainan Teka-Teki. (sumber: dok pribadi)

Setelah mengenalkan dasar-dasar komputer, kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan permainan teka-teki sederhana yang menarik perhatian para siswa. Soal-soal dari permainan tersebut dipilih dari Bebras Challenge, sebuah ajang kompetisi yang mendorong penerapan pemikiran komputasional. Selama permainan berlangsung, para siswa aktif dan antusias dalam menjawab pertanyaan teka-teki yang diberikan. Melalui permainan ini, diharapkan siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan dasar-dasar informatika, terutama dalam bidang berpikir komputasional. Selain itu, program ini bertujuan memberikan wawasan yang lebih luas tentang cara kerja komputer sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan potensi siswa dalam bidang informatika.

Pentingnya kegiatan ini juga tercermin dari upaya mendukung pencapaian tujuan Keberlanjutan Pembangunan Global (SDGS) ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas. Dengan memperkenalkan dunia Informatika kepada siswa di pedesaan, program ini berkontribusi pada pemenuhan hak atas pendidikan yang inklusif dan merata serta mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua orang.

Penyerahan Booklet Berpikir Komputasional. (sumber: dok pribadi)

Dalam pelaksanaannya, program ini memberikan dampak positif bagi para siswa. Selain memperkenalkan teknologi modern, mereka juga didorong untuk berpikir lebih luas dan kreatif. Dengan semangat SDGS ke-4 yang mendorong Pendidikan Berkualitas, diharapkan program ini memberikan wawasan berharga kepada generasi muda di SDN 1 Pengkol, membantu mereka meraih masa depan yang cerah dan berdaya saing tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline