Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya pendidikan jurnalistik bagi para calon guru

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pentingnya pendidikan jurnalistik bagi para calon guru

Guru merupakan publik figur yang paling urgen bagi siswa disekolah, sudah sepantasnya guru mempunyai banyak kompetensi salah satunya cerdas dalam menangkap dan membaca fenomena yang terjadi sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan dan perubahan dalam metode pengajarannya dan isi dari pelajaran yang diajarkannya kepada murid.

Pada jaman sekarang ini banyaklah sekali berbagai sarana dan media yang bisa dijadikan guru untuk mendukung kesuksesannya dalam memajukan bidang pendidikan. Dalam melancarkan kesuksesan tersebut, maka guru harus mengerti dalam pemakaian berbagai sarana tersebut dan mampu memikirkan isi dalam media tersebut. Dalam isi sarana tersebut diperlukan keahlian dalam meluapkan segala pemikiran atau menulis berbagai fenomena yang didapatkannya dilapangan sehingga bisa menjadi bahan dalam memajukan bidang pendidikan.

Sudah sepantasnya bagi para guru menguasai ilmu tentang jurnalistik, supaya para guru bisa menuliskan segala pemikirannya sehingga bisa didokumentasikan dan dipublikasikan kepada khalayak ramai jadi pengajaran bukan sebatas didalam kelas dan disatu waktu, melainkan diluar kelas dan di berbagai kesempatan. Dengan cara tersebut pengajaran dan pendidikan akan lebih terlihat hasilnya dan akan akan lebih maksimal.

Disamping itu guru juga harus bisa mengajarkan kepada para muridnya tata cara penulisan dalam jurnalistik, sebab para murid sebagai generasi penerus di berbagai bidang mereka masing-masing yang tentunya tidak akan lepas dari pentingnya ilmu jurnalistik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline