Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Berinovasi Kulit Jeruk Bekas, Bisa Hasilkan Karya

Diperbarui: 30 Juli 2021   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) membuat suatu program kerja kategori pendidikan yang merupakan suatu inovasi baru dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan. Pengabdian kali ini ditujukan pada siswa-siswi SDN 1 Jambesari. Anak-anak yang hakikatnya tidak terlepas dari bermain tentu sangat minim pengetahuan apabila tidak diimbangi dengan belajar. Oleh karena itu mahasiswa KKN UM berikan inovasi baru bermain sembari belajar seni menggunakan bahan bekas yaitu kulit jeruk.

Penanggung jawab dari program kerja ini yaitu Alda Maulidiyah yangmerupakan mahasiswa prodi PGPAUD  yang mengusulkan inovasi tersebut untuk diterapkan di SDN 1 Jambesari. Pelaksanaan program kerja ini diserahkan langsung ke pihak sekolah dan sasarannya siswa kelas rendah. Penyerahan dilakukan di halaman SDN 1 Jambesari yang diterima oleh salah satu guru sekolah tersebut.

Mekanisme untuk melakukan kegiatan ini juga sangat mudah. Dalam produk tersebut sudah tertampil halam mulai dari pengertian kolase hingga video tutorial membuat kolase yang berbahan kulit jeruk bekas. Nantinya anak-anak mempraktekkan pembuatan kolase berbahan kulit jeruk bekas ini.

Harapan dari mahasiswa KKN UM dalam inovasi ini ialah anak-anak mampu membuat karya dengan memanfaatkan kulit jeruk bekas sebagai komoditi utama desa jambesari. Banyak kulut jeruk bekas yang dibuang begitu saja, tetapi dilain sisi bisa digunakan sebagai karya yang apik untuk pengembangan motorik anak khususnya siswa SDN 1 Jambesari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline