Lihat ke Halaman Asli

Albait Arasyid

Menulis untuk dikenang

Keuntungan dan Kerugian "Sistem Point of Sale" (POS) Berbasis Internet

Diperbarui: 27 Juni 2018   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Point of Sale" di setiap toko ritel, restoran, toko kelontong dan sebagainya mengacu pada lokasi di mana transaksi biasanya terjadi (yaitu check-out). Di sebagian besar toko ritel, biasanya terminal POS (Point of Sale) terdiri dari hardware komputer, software komputer, checkout software, program kasir dan hardware khusus untuk toko tertentu. Hardware komputer termasuk komponen komputer dan monitor, sementara hardware checkout termasuk printer untuk pemeriksaan dan tanda terima, di samping perangkat lunak aau program kasir yang memproses kartu kredit.

Sementara sistem point of sale datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan label harga, kami hanya akan fokus pada satu jenis sistem POS dalam artikel ini. Isi artikel ini akan menguraikan kelebihan dan kekurangan perangkat lunak atau aplikasi penjualan berbasis internet.

Keuntungan Sistem Point of Sale (POS) Berbasis Web

  • Solusi POS real-time
  • Kompatibel dengan sebagian besar komputer selama mereka terhubung ke Internet (sempurna untuk bisnis yang sudah memiliki perangkat keras POS)
  • Solusi POS sering dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda
  • Menghabiskan sebagian kecil dari Sistem POS tradisional (ideal untuk pengecer independen)
  • Perangkat lunak yang dihosting di server aman dan di beberapa pusat data, sehingga informasi Anda akan selalu dicadangkan

Kerugian Sistem Point of Sale (POS) Berbasis Web

  • Bisa bermasalah dengan koneksi internet yang lambat
  • Jika Anda belum memiliki perangkat keras POS, Anda harus membelinya secara terpisah
  • Sistem POS berbasis web sering dipasarkan dengan biaya bulanan

Sistem atau program kasir apa pun yang Anda putuskan untuk Anda beli, pastikan untuk meneliti pilihan Anda dengan saksama sebelum membeli semua jenis sistem program kasir atau aplikasi penjualan tersebut. Menilai kebutuhan, tujuan, hambatan, dan anggaran bisnis Anda. Apapun sistem yang Anda pilih, bagaimanapun, itu akan menghemat waktu dan uang Anda, serta meningkatkan produktivitas, dalam jangka panjang. 

Perangkat lunak POS yang tepat akan dapat membantu Anda meningkatkan margin laba, melacak inventaris Anda, meningkatkan efisiensi, membantu meningkatkan hubungan pelanggan, serta mengelola hubungan bisnis penting lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline