Lihat ke Halaman Asli

Pengenalan Quizizz, Media Pembelajaran Daring yang Menyenangkan di SMPN 3 Kertajati

Diperbarui: 24 Juli 2021   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dibuat oleh pemerintah berdampak  besar terhadap banyak sektor, termasuk pendidikan. Pembelajaran daring kembali dilakukan guna menanggulangi laju penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Mengingat keadaan yang tak kunjung membaik, Alan Catrani Budiman, seorang Mahasiswa Universitas Indonesia, bersama rekannya Muammar Haikal Gibran yang sedang melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SMPN 3 Kertajati melakukan sosialisasi media pembelajaran yang menyenangkan bernama Quizizz kepada guru dan sebagian murid pada Sabtu, 10 Juli 2021. "Sosialisasi ini diharapkan dapat memberi cara belajar baru yang lebih efektif dan menyenangkan" ujar Ayip Prayitno selaku Kesiswaan SMPN 3 Kertajati.

Quizizz merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran daring yang dapat diakses oleh guru, siswa bahkan orang tua sekalipun. Quizizz menyediakan beragam fitur yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar yang sangat bermanfaat di saat pembelajaran daring seperti saat ini. Selain fitur yang disuguhkan, Quizizz juga memiliki tampilan yang menyenangkan dan tidak monoton. 

Melihat potensi dan fitur yang disuguhkan terlihat cocok untuk digunakan di masa pembelajaran daring ini, Alan dan Haikal berkolaborasi bersama dalam sosialisasi aplikasi Quizizz di depan beberapa guru dan siswa dengan memerhatikan protokol kesehatan. Sosialisasi fitur yang pertama adalah fitur yang ditujukan untuk guru. Quizizz menyediakan fitur kuis yang bisa dijadikan untuk melakukan ujian bagi siswa, serta fitur pembuatan media pembelajaran yang nantinya dapat digunakan oleh siswa untuk belajar di rumah. Semua fitur tersebut dapat diakses secara mudah oleh siswa, guru hanya perlu membagikannya dalam bentuk tautan yang terhubung langsung pada bahan ajar yang telah dibuat di Quizizz.

Dokpri

Selain guru-guru yang dijadikan tujuan dalam kegiatan ini, siswa-siswa juga turut berpatisipasi dan meramaikan sosialisasi kali ini. Alan dan Haikal menerangkan tentang Quizizz dari mulai pendaftaran, pembuatan materi dari aplikasi, pembuatan kuis atau ujian dan mencoba mengisi soal-soal yang telah dibuat. Selain menyampaikan beberapa pemaparan terkait manfaat dan langkah-langkah penggunaan dari aplikasi Quizizz, Alan dan Haikal juga mengajak partisipan untuk mencoba aplikasi ini secara langsung. 

Sebagai perkenalan awal, Alan dan Haikal mengajak semua partisipan untuk mencoba menggunakan fitur kuis yang menghibur aplikasi Quizizz ini. Hal ini dilakukan sebagai simulasi atau gambaran dari cara penggunaan dari aplikasi ini pada partisipan. Semua partisipan tampak antusias saat mempraktikan aplikasi ini secara langsung. Tampilan dari Quizizz yang menarik membuat beberapa partisipan merasa jika mereka seperti sedang bermain game dibandingkan dengan mengisi kuis pelajaran.

Pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat beberapa tenaga kependidikan, seperti guru, dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat dan menyediakan media pembelajaran untuk murid. Sosialisasi yang dilakukan oleh Alan dan Haikal terkait aplikasi Quizizz diharapkan dapat membawa manfaat dalam mendorong dan meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi ini.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline