Lihat ke Halaman Asli

Muhammad AhsanThoriq

Mahasiswa Jurusan Sastra Arab UM

Mitra TalokGo: KKN UM Bantu Mewujudkan Digitalisasi Industri Desa Talok

Diperbarui: 15 Juni 2021   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Istimewa

Malang – KKN UM Desa Talok bekerjasama dengan TalokGo untuk mewujudkan desa industri di Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang. TalokGo baru launching April 2021 dan sekarang masih dalam tahap perkembangan. TalokGo adalah sebuah aplikasi yang berfokus pada pengembangan UMKM dan layanan jasa.

Aplikasi ini menghubungkan pengguna yang ingin menikmati kuliner dan jasa dengan Pelaku UMKM. Bedanya aplikasi TalokGo dengan aplikasi serupa lainnya adalah fokusnya yang ingin mengembangkan UMKM setempat dan adanya fitur tambahan berupa pelayanan jasa massage dan cleanliness. Sekarang TalokGo ini sudah tersedia di App Store dan Play Store.

Gambar Istimewa

Dalam rangka menyejahterakan UMKM dan menerapkan digitalisasi industri di Desa Talok, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan developer TalokGo dan kepala desa Talok untuk mendata mitra UMKM di Desa Talok dan mengajari mereka untuk menggunakan aplikasi TalokGo. Pendataan mitra ini dilakukan dengan cara 'door to door'. Mas Evan menerangkan, bahwa metode seperti ini terbilang lebih efektif dari pada mengundang Pelaku UMKM untuk sosialisasi dan palatihan di balai desa. "Cara ini untuk menghindari polemik politik di Desa Talok dan untuk menghindari kecemburuan sosial," terang developer TalokGo saat diwawancarai KKN UM, Senin (15/6).

Pendataan mitra ini akan menghasilkan mitra resmi TalokGo yang bersama membangun desa industri kreatif dan inovatif. Tidak hanya itu, "Dengan TalokGo para pelaku UMKM Desa Talok juga dapat meng-upgarde usahannya ketahap selanjutnya," Ujar koordinator karantaruna Desa Talok. Dan tentunya kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline