Lihat ke Halaman Asli

AGUS WAHYUDI

TERVERIFIKASI

setiap orang pasti punya kisah mengagumkan

5 Lagu Paling Ngangeni di Bulan Ramadan

Diperbarui: 23 April 2021   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: pophariini.com

Ramadan dan lagu religi. Dua hal yang sulit terpisahkan. Lagu-lagu bernapas religi serasa memberikan suntikan semangat. Selain liriknya berkarakter, pesannya juga sangat mengena.

So, jika ditanya lagu-lagu favorit bernapas religi, tentu dari segi jumlah sangat banyak. Namun saya memilih lima saja. Lagu-lagu ini sangat nostalgik dan terkenal.

Berikut lima lagu yang paling saya anggap ngangeni tersebut:

  

1. Akhirnya - Oddie Agam

Oddie Agam.foto:medcom.id

Lagu ini aslinya dinyanyikan Oddie Agam. Digubah oleh Deddy Dhukun dan Yongky Soewarno. Sangat populer di era-90 an. Bagi saya, pesannya hening dan menyentuh kalbu.

Lagu Akhirnya kemudian di-recycle oleh Gigi. Sempat meledak dan banyak orang mengira karya Gigi. Saya pantas memberi apresiasi kepada Dewa Budjana (gitaris Gigi). Budjana yang penganut Hindu, mengaransemen ulang lagu Akhirnya menjadi lebih lembut.  Lebih melodius.

Beberapa penyanyi lain men-cover lagu Akhirnya, berikut ada juga yang meng-upload di Youtube. Di antaranya Alika & Vidi Aldiano, Marshanda, Ghea Indrawari, Felix Irwan, Nindy feat Dide Hijau Daun, Putri Ayu, dan masih banyak lagi.

Saya pernah menyanyikan lagu ini di suatu acara pengajian. Bareng musisi lokal. Sulit sekali menyanyikannya. Ketika dasar rendah, suara saya terlalu rendah. Saat ngambil nada tinggi, eh suaranya gak nyampek, hehe..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline