Lihat ke Halaman Asli

Agustinus Wahyono

TERVERIFIKASI

Penganggur

Hoaks untuk Rakyat

Diperbarui: 12 Januari 2019   06:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Setiap menjelang pesta demokrasi bernama "Pemilu", khususnya Pemilihan Legislatif (Pileg), sepakat-tidak sepakat, yang muncul di banyak tempat adalah sebagian tokoh hoaks dengan slogan sarat gombal. Bekerja untuk Rakyat. Demi Rakyat. Memakmurkan Rakyat. Kesejahteraan bagi Seluruh Rakyat.

Sebagian tokoh hoaks terpampang dalam bentuk poster, baliho, dan lain-lain. Laki-laki dan perempuan. Berpakaian rapi, santun, agamawi, dan seterusnya. Dengan mimik dan sikap tubuh nyaris mirip. Dengan lambang partai masing-masing, bahkan sebagian menampakkan tokoh penting dalam partai. Dominasi warna tertentu.

Beberapa baliho bergambar seorang tokoh hoaks berada di daerah-daerah strategis. Biasanya dekat persimpangan jalan. Sementara poster-poster bisa berjejer di pinggir jalan, baik dengan bingkai dan penopang kayu maupun dipakukan pada batang-batang pohon.

Dokpri

Lho, kok sebagian tokoh hoaks atau seorang tokoh hoaks? Bukankah mereka adalah calon anggota legislatif (caleg), baik tingkat daerah maupun pusat? Mengapa menyematkan "hoaks" begitu?

Penyematan "hoaks" pada frasa "sebagian tokoh" tersebut karena tidak semua masyarakat mengenal siapa mereka. Di suatu daerah alias daerah pemilih (dapil), seberapa banyak masyarakat atau calon pemilih yang mengenal mereka?

Seorang caleg tingkat daerah, misalnya kabupaten/kota, membutuhkan minimal 1.000 suara. Misalnya lagi, tingkat provinsi, minimal 1.500 suara. Sementara tingkat pusat (DPR RI) membutuhkan minimal 2.500 suara.

Untuk tingkat kabupaten/kota saja, contohnya. Apakah 1.000 suara benar-benar mengenal siapa caleg yang mereka pilih?

Kata "mengenal" bukanlah "mengetahui" atau "pernah melihat sekilas" lho. Belum tentu 1.000 pemilih benar-benar "mengenal" siapa caleh pilihan itu, baik pribadi (personalitas), kualitas/kapabelitas, prestasi/jejak hasil kerja, maupun program-programnya. Artinya, mengenal si caleg pilihan secara keseluruhan, bukan sekadar "pernah melihat sekilas" di sebatang pohon pinggir jalan.

Ada kalanya sebagian calon pemilih bertemu dengan seorang caleg hanya ketika ada kampanye, semisal kampanye kecil-kecilan di dapilnya. Kampanye kecil-kecilan pun satu kali dalam suatu kegiatan.

Di samping itu, tidak semua caleg benar-benar telah "menginvestasikan" sebagian besar hidupnya untuk kepentingan rakyat di dapilnya selama bertahun-tahun. Sebagian caleg justru seringkali "jauh" dari lingkungannya sendiri ketika belum mencalonkan diri. Begitu terdaftar sebagai caleg, barulah "seolah-olah" memberi perhatian kepada masyarakat di dapilnya.

Sementara ketokohan seorang caleg tidaklah cukup sekadar satu kali pertemuan, apalagi hanya diperkenalkan oleh ketua RT dalam rangka "kampanye" ("menunggangi" kegiatan tingkat RT) lantas tidak jelas rekam jejak, prestasi/hasil kerja yang sepadan, dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline