Lihat ke Halaman Asli

Pemimpin sebagai Juara Komunikasi

Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seorang pemimpin harus hebat dalam public speaking atau dalam berkomunikasi dengan siapa aja, meskipun komunikasi kepemimpinan juga mencakup komponen pengiriman, penerimaan, dan umpan balik, namun berbeda dengan komunikasi manajemen. Seorang juara komunikasi secara filosofis didasarkan pada keyakinan bahwa komunikasi sangat penting untuk membangun kepercayaan dan mendapatkan komitmen terhadap visi dan strategi. Pemimpin menggunakan komunikasi untuk menyatukan orang-orang di sekitar kesamaan tujuan dan identitas dan untuk memastikan bahwa visi dan strategi dipahami dan diterima secara mendalam oleh karyawan.

Sebelum menjadi pemimpin yang juara komunikasi ada hal yang harus diperhatikan, yaitu strategic converstation. Percakapan strategis mengacu pada orang-orang yang berbicara melintasi batas dan tingkat hierarkis tentang visi kelompok atau organisasi, tema strategis kritis, dan nilai-nilai yang dapat membantu mencapai hasil yang diinginkan. Pemimpin memfasilitasi percakapan strategis dengan 

  1. mengajukan pertanyaan dan secara aktif mendengarkan orang lain untuk memahami sikap dan nilai, kebutuhan, tujuan pribadi, dan keinginan mereka
  2. menetapkan agenda untuk percakapan dengan menggarisbawahi tema strategis utama yang terkait dengan keberhasilan organisasi
  3. memilih saluran komunikasi yang tepat dan memfasilitasi dialog

Pemimpin yang baik menginginkan komunikasi mengalir ke segala arah. Komunikasi melintasi batas-batas tradisional memungkinkan para pemimpin untuk mendengar apa yang dikatakan pengikut, yang berarti organisasi memperoleh manfaat dari pikiran semua karyawan. Selain itu komunikasi tidak hanya melalui tatap muka, teknologi sekarang sudah sangat canggih. Seperti apa yang sudah banyak diterapkan semenjak covid 19 melanda Indonesia, banyak perusahaan yang tidak boleh karyawan yang masuk sehingga harus WFH, komunikasi ini menggunakan aplikasi zoom,google,microsoft teams, dll. Pesan elektronik melalui email, pesan teks, dan media sosial seperti Twitter semakin banyak digunakan untuk komunikasi yang dulunya dilakukan melalui telepon. Meskipun saluran ini tidak memiliki isyarat visual dan verbal, mereka memungkinkan umpan balik yang cepat dan dapat dipersonalisasi. Blog menyediakan cara untuk mendapatkan informasi kepada khalayak luas dan juga memungkinkan umpan balik yang cepat. 


Komunikasi elektronik telah menjadi fakta kehidupan di organisasi saat ini. Teknologi baru menyediakan cara komunikasi yang sangat efisien dan dapat sangat berguna untuk pesan rutin. Pesan teks, yang memungkinkan orang untuk berbagi pesan singkat secara instan, telah berkembang pesat dalam penggunaannya dan telah menjadi lebih umum daripada email di beberapa organisasi. Banyak pemimpin saat ini juga menggunakan blog untuk tetap berhubungan lebih dekat dan membangun kembali kepercayaan di antara karyawan, pelanggan, pemegang saham, dan publik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline