Lihat ke Halaman Asli

Belajar Kepemimpinan dari Pendiri Apple "Steve Jobs"

Diperbarui: 16 Maret 2021   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

theverge.com

Pemimpin merupakan seseorang yang dapat memberi pengaruh terhadap orang lain dan memiliki kemampuan manajerial. Sedangkan, kepemimpinan merupakan suatu proses memimpin sebuah kelompok dan mempengaruhi suatu kelompok serta mempengaruhi kelompok itu sendiri dalam mencapai sebuah tujuan. 

Setiap pemimpin memiliki karakteristik kepemimpinan yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan organisasinya. Karakteristik pemimpin tersebut sesuai dengan teori sifat kepemimpinan (Leadership Trait Theory) serta teori perilaku kepemimpinan (Leadership Behavior Theory) yang terdiri dari University of Lowa Studies, Ohio State Studies, University of Michigan studies, dan Managerial Grid.

Berdasarkan kalimat tersebut, tulisan ini menceritakan mengenai gaya kepemimpinan, kelebihan dalam memimpin, dan kekurangan dalam memimpin seorang tokoh dunia, yaitu Steve Jobs.

Karakter pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi akan sangat menentukan tercapainya tujuan dari organisasi tersebut. Pemimpin dengan karakternya dapat membuat organisasi yang dipimpinnya berkembang dengan baik atau bahkan dapat menjatuhkan organisasi itu sendiri. Setiap gaya kepemimpinan memiliki kelebihan yang harus dikembangkan dan kekurangan yang harus diminimalisir. 

Setiap pemimpin dituntut untuk dapat menjawab serta menghadapi segala hambatan dan tantangan yang akan menghadang tecapainya arah dan tujuan dari suatu organisasi. Steve Jobs sebagai pemimpin salah satu organisasi brand terbesar di dunia memiliki gaya kepemimpinan tersendiri yang dapat dikatakan mampu membawa organisasinya mencapai kesuksesan.

Steven Paul Jobs atau dikenal Steve Jobs lahir di San Fransisco, 25 Februari 1955. Steve Jobs adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs yang sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios. 

Dia menjadi anggota dewan direktur "The Walt Disney Company" pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Karena usianya yang muda, kekayaan besar, dan karismanya, Jobs sang pendiri Apple menjadi simbol perusahaan dan industrinya. Ketika TIME menamai komputer sebagai "Machine of the Year" tahun 1982, majalah ini menerbitkan profil panjang tentang Jobs sebagai "Maestro Mikro Terkenal."

Kesuksesan Steve Jobs tersebut dalam memipin Apple Inc, tidak terlepas dari karakteristik kepemimpinannya yang unik. Karakteristik kepemimpinan dari Steve Jobs, yaitu:

Visioner

Steve Jobs merupakan salah satu pemimpin yang paling visioner, dimana ia selalu mempunyai visi jangka panjang. Kemudian, ia membuktikan bahwa langkah yang diambil merupakan langkah yang tepat. Macintosh, misalnya, yang diluncurkan pada awal tahun 1984, merupakan PC pertama yang menggunakan mouse, serta dilengkapi dengan graphical user interface (GUI), bukan hanya command-line interface. Hingga saat ini, setiap PC pasti dilengkapi dengan mouse juga GUI.

Customer-Driven

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline