Lihat ke Halaman Asli

Efisiensi Penggunaan Microsoft Excel untuk Berhitung dalam Perkuliahan

Diperbarui: 27 Desember 2021   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kekeliruan dalam penghitungan menyebabkan terjadinya kesalahan penyelesaian yang selanjutnya dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Apabila masalah optimisasi tersebut kerap terjadi terutama dalam bidang ekonomi maka hal ini dapat mengakibatkan kesalahan fatal. Dalam penyelesaian permasalahan inilah teknologi memegang peranan penting guna mengurangi kesalaahn penghitungan. Teknologi dalam perkuliahan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analisa mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, bukan hanya dalam melakukan perhitungan secara prosedural, serta hal ini dirasakan sebgaai tuntutan perkembangan jaman. Di sisi lain mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah secara menyeluruh bukan secara parsial.

Teknologi yang berperan penting dalam hal ini adalah aplikasi dari perusahaan besar yaitu Microsoft Office. Microsoft Office adalah software popular yang sudah lama digunakan di Indonesia. bisa menggunakan Microsoft Office sering dijadikan sebagai salah satu syarat untuk dapat bekerja di suatu perusahaan, terutama Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan beberapa Microsoft lainnya.

Microsoft Office adalah perangkat lunak sebagai paket aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft. Perangkat lunak ini dijalankan di bawah sistem operasi Windows dan Mac Os X. saat ini Microsoft Office sudah berada versi terbarunya yaitu Microsoft Office 2019 yang diluncurkan pada 2018 lalu. Microsoft Office dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Microsoft yang berisikan paket aplikasi yang sangat bermanfaat untuk berbagai pekerjaan perkantoran. Sehingga tujuan utama dalam pembuatan perangkat lunak ini yaitu untuk memudahkan pekerjaan kantor seperti pembuatan laporan, pemaparan presentasi dan masih banyak lainnya. Perkuliahan dalam bidang ekonomi tidak terlepas dari keterbutuhan penggunaan salah satu aplikasi dari Microsoft, salah satunya adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac Os. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang popular digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, sata ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac Os, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilainya. Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali disatukan dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft Power Point untuk mencocokan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling dibutuhkan.

Penghitungan yang sering kali terdapat kesalahan dapat diminimalisir dengan penghitungan otomatis dalam Microsoft Excel. Apabila penghitungan hendak dicantumkan dalam Microsoft Word, pengguna Microsoft Excel hanya perlu mengaitkan sheet yang digunakan menghitung dengan file Microsoft Word yang hendak dijadikan sebagai bahan pekerjaan. Berikut cara memindahkan table dari sheet Microsoft Excel ke file Microsoft Word:

A. Menggunakan Cara Copy Paste

1. Buka dokumen Excel yang inging dipindahkan ke Word

Buka dokumen Excel yang ingin dipidahkan ke Word. Sebelum memindahkan tabel, pastikan terlebih dahulu untuk memberikan border pada tabel tersebut agar ketika berpindah ke Word, kemudian hasilnya tetap rapi dan terstruktur dengan Cara blok area table dan klik "Borders" pada menu bar bagian atas.

2. Pindahkan table ke Microsoft Word

Setelah itu buka dokumen Word. Lalu pindahkan tabel dari dokumen Excel dengan cara menyalin ke Word. Blok area table yang akan dipindahkan, lalu klik kanan dan pilih "copy" atau bisa digantikan dengan klik dua tombol sekaligus yaitu "ctrl/command+C" pada keyboard. Buka Word dan klik kanan dan pilih "paste" atau dengan menekan dua tombol sekaligus yaitu "ctrl/command+V" pada halaman yang digunakan. Dengan begitu, table penghitungan akan ditampilkan di dokumen Word.

B.Menggunakan Link

Selain dengan cara menggandakan tabel dapat dilakukan metode menyambungkan dengan link yang berlaku untuk tabel berisi rumus operasi matematika atau rumus dasar Excel sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline