Lihat ke Halaman Asli

ABDIMASNESIA

Media Publikasi Pengabdian Masyarakat dan Opini Sosial Humaniora

Pengenalan Desain dan Produk Ramah Lingkungan

Diperbarui: 19 Mei 2022   12:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Pengenalan Desain dan Produk Ramah Lingkungan | Source: Foto koleksi Pribadi 

Fesyen merupakan salah satu kebutuhan utama setiap individu di berbagai kalangan. Tentunya, penggunaan fesyen tidak menuntut orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakannya, melainkan seluruh individu diwajibkan untuk menggunakan fesyen dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk dan model yang beragam. 

Semakin maju dan meningkatnya perkembangan ekonomi, kreatifitas dan inovasi, tentunya memiliki dampak besar dalam perubahan pada fesyen.

Selama ini, dunia fesyen yang berkaitan dengan model dan trend kekinian selalu berkiblat ke luar negeri. Jika individu tersebut menggunakan fesyen dengan style dan merek luar negeri, maka individu beragapan bahwa telah mengikuti mode dibandingkan individu yang lainnya, hal ini juga beriringan dengan rasa percaya diri individu tersebut. 

Merujuk pada karakter individu yang merasa jika menggunakan fesyen yang bemerek dan berasal dari luar negeri, tentunya ini diaggap sebagai salah satu hambatan yang membuat pelaku usaha nasional untuk turut berkembang. Namun, hal ini dapat dijadikan sebagai dua sisi mata pedang, yang mana ketika terdapat hambatan persaingan, tertunya dibarengi dengan peluang yang muncul. 

Peluang bagi pelaku usaha dapat diketahui dengan meningkatnya minat calon konsumen yang tergerak untuk lebih maju terhadap perkembangan mode fesyen kekinian. 

Dengan banyak bermunculannya calon-calon konsumen potensial, mengharuskan pelaku usaha harus segera berinovasi terhadap produk yang ada ataupun menciptakan produk yang baru  untuk memenuhi kebutuhan konsumen potensial (Norman & Verganti, 2014). 

Dengan demikian, akan sangat dibutuhkan ide-ide inovasi terbaru bagi pelaku usaha dalam menciptakan produk-produk baru yang dapat melampawi keinginan oleh konsumen potensial, salah satunya adalah dengan menciptakan produk fesyen dengan tema fesyen berkelanjutan. 

Indonesia dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, tentunya dapat menjadi peluang besar bagi pelaku usaha dalam menciptakan produk  dan menciptakan kesadaran bagi konsumen potensial untuk menggunakan produk-produk yang mengarah pada ramah lingkungan.

Untuk mendukung isi keberlanjutan dalam dunia usaha fesyen, program pengabdian masyarakat menitikberatkan pada pembutaan media kain dengan memanfaatkan kearifan dan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. 

Dengan berlimpah ruahnya sumber-sumber dan tingkat kreatifitas yang tinggi yang dimiliki oleh orang-orang di Indonesia yang merupakan warisan budaya dari leluhur. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan dalam proses penciptaan cara baru yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha dalam menciptakan produk-produk unggulan berbasis keramahan lingkungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline