Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Potensi Media Sosial

Diperbarui: 6 Mei 2021   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Muhammad Zaky Febriansyach

Ilmu Komunikasi

Universitas Ahmad Dahlan

Tentunya sudah tidak asing di telinga kita tentang sosial media,sebelumnya apa sih yang dimaksud sosial media itu?

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi atau saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dalam dunia berkomunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana untuk membangun hubungan atau relasi. Bahkan media sosial membantu kita untuk berkomunikasi jarak jauh karena media sosial memiliki jangkauan global dan media sosial mempermudah kita untuk berinteraksi dimanapun dan kapanpun.

Jika dipaparkan secara keseluruhan akan sangat banyak media sosial di era sekarang ini, sedikit contoh dari sosial media atau media platform yang banyak digrandungi dan paling berpengaruh bagi masyarakat apalagi anak muda jaman sekarang meliputi Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Line, Linkedln, Tiktok dan masih banyak lagi dan selalu berkembang mengikuti zaman

Pesatnya perkembangan media sosial masa kini disebabkan oleh semua orang yang merasa seperti bisa "memiliki" media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, ditambah kurangnya interaksi antara penerima informasi dan narasumber maka lain halnya dengan media sosial digital. Seorang pengguna bisa mengakses media sosial dengan fasilitas jaringan internet yang lambat sekalipun.

 Tanpa biaya besar, tanpa alat mahal, dan dilakukan sendiri tanpa memerlukan karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, dan memodifikasi (baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya). Media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa yang saling membagi ide, bekerja sama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berpikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan seseorang sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan media sosial berkembang pesat. Tidak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.

Disisi lain tentunya dalam perkembangan sosial media ini pastinya mempunyai plus minus atau sisi positif dan sisi negatif, dan berpotensi baik dan buruk. dan kembali lagi semua tergantung pribadi masing-masing dalam penggunaan atau pengaplikasian dalam berbagai media sosial.

dalam segi positifnya, mempermudah kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat dan luas, biaya lebih murah jika dibanding media tradisional dalam penyampaianya.

selain contoh diatas, jika diamanfaatkan dengan baik, media sosial juga sangat berdampak baik bagi keberlangsungan hidup.Hidup di era serba teknologi seperti saat ini tentu membuat para pengusaha memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan usaha mereka. Contohnya dalam dalam bidang promosi,saat ini instagram tidak hanya digunakan sebagai sarana pemuas kebutuhan hiburan saja, tetapi juga sebagai media sosial yang mempunyai peluang besar untuk melakukan kegiatan bisnis, menyusul kesuksesannya sebagai media sosial yang diminati oleh pengguna. ditambah sudah adanya instagram market yang mempermudah kita untuk berbelanja apalagi terhubung langsung ke situs web yang mempermudah untuk para masyarakat melihat catalogue barang yang diinginkan. Bisa juga jika anda memiliki followers instagram yang terbilang banyak bisa dijadikan sarana mencari uang, dengan cara paid promote atau endorse product atau barang dengan cara memperkenalkan product tersebut ke khalayak luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline