Lihat ke Halaman Asli

Yuliyanti

TERVERIFIKASI

Yuli adja

Gudeg Nangka Balur Iga Pedas

Diperbarui: 6 Juli 2022   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Resep Gudeg Nangka Balur Iga Pedas. Foto olah canva, dokpri yuliyanti

Semangat siang, Pembaca yang budiman!
Sudahkan Anda santap siang bersama keluarga tercinta?

Apa hidangannya? Apapun itu, bila dibumbu cinta, tentu rasanya luar biasa. 

Memasak tidak hanya butuh racikan bumbu yang pas. Tetapi juga diperlukan suasana hati ceria. Supaya tercipta olahan nikmat tiada tara.

Dua pekan lalu saya memasak gulai nangka, saat resep saya unggah, ada sahabat Kompasianer menanyakan menu tersebut bila dipadukan dengan daging sapi, akankah rasanya nikmat, atau sebaliknya, jadi ambyar?

Bicara soal nangka tidak akan ada habisnya. Sebab, bahan tersebut memiliki cita rasa enak bila dimasak, apalagi dipadukan dengan daging atau iga sapi, pasti maknyus banget.


Nangka muda, di Jawa lebih dikenal dengan sebutan Gori, biasanya dijadikan bahan sayuran dengan bermacam olahan. Bila sudah masak menjadi salah satu buah yang sangat terkenal di Indonesia.

Rasanya manis dan segar, membuat buah berwarna kuning tersebut digemari semua kalangan. Tidak hanya memiliki cita rasa yang enak, nangka masak juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir dari hellosehat, nangka kaya akan kandungan protein, karbohidrat, fosfor, thiamin, riboflavin, dan magnesium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, antara lain;

1. Melawan kanker
2. Menurunkan kadar kolesterol jahat
3. Bauk untuk pencernaan
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
5. Mencegah mata katarak

Di samping itu, nangka muda atau gori bisa diolah menjadi aneka menu yang lezat, seperti gulai, lodeh, gudeg dan masih banyak resep berbahan gori.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline