Lihat ke Halaman Asli

Yuliyanti

TERVERIFIKASI

Yuli adja

Meneladani Sifat Rasulullah SAW dengan Cara Berdagang yang Seimbang

Diperbarui: 21 Oktober 2021   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Suara Merdeka

Hampir semua ummat muslim di dunia memperingati Maulid Nabi, yaitu kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam, yang jatuh pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal(kalender Hijriyah), bertepatan pada hari selasa 19 Oktober 2021 pada kalender Masehi.

Bagi ummat muslim, memperingati Maulid Nabi merupakan ungkapan rasa cinta dan hormat sebagai pengingat akan kebesaran dan keteladanan Rasulullah SAW.

Sebagai muslim kita sepatutnya meneladani sifat-sifat, perilaku dan tutur kata Nabi Muhammad SAW.

Salah satu sifatnya yang amat dikagumi sejak remaja, hingga membuat kaum Quraisy memberikan gelar "Al Amiin"(orang yang dapat dipercaya) karena sifat jujur dan lurus dalam keseharian maupun dunia usaha.

Selain menyebarkan ajaran agama islam, Rasulullah juga dikenal sebagai pebisnis yang memiliki nilai-nilai kejujuran dan dapat dipercaya.

Sebagai pedagang, Rasulullah SAW sangat amanah, jujur, profesional, namun gigih dalam menjalankan kegiatan usahanya. Beliau tidak mengurangi hak orang orang lain dan berpegang teguh dalam tuntunan Al-Qur' an.

Sebagaimana Allah Subhaanahu Wa Ta'alaa sampaikan dalam firman-Nya: Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu.
Sempurnakanlah takaran timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang
beriman. (QS. Al A'raf ayat 85)

Kejujuran kunci dari kesuksesan

Melansir dari ekonomy.okezone.com- Sebagai muslim, kita sepatutnya meneladani sifat Nabi. Meski belum sepenuhnya bisa, setidaknya mencontoh salah satu perilaku Nabi dan dijadikan pedoman hidup.

Misalnya dalam dunia usaha; Supaya Harta Hasil Berdagang Jadi Melimpah nan Berkah ala Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan sosok yang jujur dan dapat dipercaya, dalam berbisnis, beliau selalu menepati janjinya.

Begitu pula dalam menyerahkan atau mengirimkan barang sesuai pesanan selalu tepat waktu. Pula mengutamakan kualitas barang yang telah dipesan dan disepakati sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline