Lihat ke Halaman Asli

Yuli Anita

TERVERIFIKASI

Guru

TPACK, Pemanfaatan Teknologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran

Diperbarui: 28 November 2022   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi guru memangaatkan teknologi sebagai salah satu sarana pembantu pembelajaran di kelas. Sumber: Quipper via Kompas.com

Hari itu pembelajaran matematika kelas saya sampai pada materi fungsi kuadrat. Dalam pembelajaran fungsi kuadrat selain diajak mengenal bentuk fungsi kuadrat, siswa juga belajar menggambar grafik fungsi, juga mengetahui karakteristik grafik fungsi kuadrat.

Misal apakah grafik fungsi membuka ke atas atau ke bawah, menentukan titik potong grafik dengan sumbu x atau y, menentukan sumbu simetri dan koordinat titik puncak.

Menggambar grafik fungsi dan mengamati karakteristik grafik fungsi

Dalam menggambar grafik fungsi kuadrat di tingkat SMP ada dua langkah yang harus ditempuh siswa. :
1. Membuat tabel
2. Menggambar grafik pada koordinat cartesius

Contoh: Gambarlah grafik fungsi f(x) = 4-x^2

Langkah yang dilakukan siswa adalah sebagai berikut:

1.Membuat tabel

Sumber: tangkapan layar pribadi

2. Menggambar grafik

Sumber : tangkapan layar pribadi

Dari gambar tampak bahwa grafik membuka ke bawah, memotong sumbu x di (-2,0) dan (2,0) , memotong sumbu y di (0,4) dan memiliki titik puncak (0,4)

Hal yang paling mengasyikkan dari materi ini adalah saat siswa bekerja bersama dalam satu kelompok dan menduga-duga bentuk grafiknya seperti apa.

Sebenarnya hal tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus, tapi untuk siswa SMP lebih ditekankan pada pengalaman menggambar,mengamati dan mencari karakteristik grafik berdasarkan gambar, baru masuk rumus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline