Lihat ke Halaman Asli

Yanto Mulyadi

Sales Motivator, Trainer , Coach and Healer

3 Rahasia Mendapatkan Penjualan dengan Mudah

Diperbarui: 30 Maret 2020   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sales Coach | Sales. Apakah anda kesulitan menghasilkan penjualan? Apakah anda sering di tolak oleh calon klien anda? Apakah penjualan yang anda hasilkan belum sesuai dengan target anda? Pemasalahan anda juga terjadi dengan rekan-rekan sales yang lain. Selagi mau belajar maka selalu ada solusi atas permasalahan yang sedang anda alami.

Ada 3 Rahasia untuk mendapatkan penjualan dengan mudah :

1.Berbicara dengan bahasa klien

Saya menemukan banyak sales pada saat melakukan presentasi penjualan mengabaikan bahasa klien. Mereka kerap menggunakan bahasa-bahasa yang belum tentu dipahami oleh calon klien. Mereka terus berbicara hal-hal yang menurut mereka bagus namun mereka lupa belum tentu calon klien mereka paham. Cara berbicara dengan bahasa calon klien adalah lupakan anda adalah seorang sales dan posisikan diri anda sebagai seorang calon klien. Jika anda seorang calon klien, apa yang ingin anda dengar dari seorang sales? Dengan memahami posisi calon klien maka anda hanya akan berbicara hal-hal yang ingin didengar oleh klien. Jika mereka paham apa yang anda sampaikan kemungkinan calon klien anda akan membeli.

2.Hindari berdebat dengan klien anda.

Anda terlihat hebat saat menang berdebat dengan calon klien anda, namun bisa dipastikan calon klien tidak akan membeli dengan anda. Sales yang hebat tidak pernah mau berdebat dengan calon klien mereka meskipun kadang apa yang dibicarakan oleh calon klien belum tentu benar. Sales hebat menganggap tidak penting pendapat nasabah benar atau tidak, karena yang terpenting  bagi mereka adalah bagaimana caranya memenangkan hati calon klien yang berujung pada pembelian. Tidak masalah calon klien terlihat lebih hebat dari anda, biarkan calon klien anda bangga dengan argumennya, yang terpenting hasil akhirnya adalah mereka dengan senang hati membeli dari anda. Bukankah itu yang anda inginkan sebagai seorang sales?

3.Pahami type klien dalam mengambil keputusan membeli

Secara garis besar ada 3 type klien dalam hal mengambil keputusan membeli yaitu type data, type follower dan type diri sendiri. Saya akan membahas 3 type calon klien dalam mengambil keputusan membeli di artikel berikutnya. Anda bisa mengetahui type klien saat pertemuan pertama dan saat memulai pembicaraan awal dengan klien anda. Tata letak ruangan kantor, penampilan dan cara berbicara sudah bisa dijadikan indikasi awal calon klien anda kategori type yang mana. Saat sudah mengetahui type calon klien maka anda tinggal menggunakan teknik komunikasi yang sesuai dengan type klien, maka kemungkinan besar calon klien anda akan membeli.

Tidak ada cara yang pasti untuk menghasilkan penjualan sebelum anda mempraktekkan cara itu sendiri. Cara ini efektif buat saya yang sudah lebih dari 15 tahun dalam bidang penjualan namun belum tentu efektif buat anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah test dan ukur lalu modifikasi sesuai dengan pola yang anda yakini benar. Semoga 3 rahasia penjualan ini bermanfaat  buat anda semuanya.

Sales Trainer and Coach

Yanto Mulyadi

08129720898




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline