Lihat ke Halaman Asli

Hendra Wardhana

TERVERIFIKASI

soulmateKAHITNA

Mengupayakan Kesehatan yang Lebih Baik dengan "GueSehat"

Diperbarui: 10 November 2017   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aplikasi mobile GueSehat di smartphone (dok. pri).

Memiliki kesehatan yang baik merupakan keinginan setiap orang karena itu merupakan modal untuk mengembangkan hidup dan kehidupan. Dengan kesehatan yang prima kita bisa melakukan aktivitas sehari-sehari dengan lancar dan mengupayakan pencapaian-pencapaian terbaik. Hidup sehat juga membuat kita bisa diandalkan oleh orang lain, termasuk keluarga tercinta, saat mereka membutuhkan. 

Sebaliknya, jika sakit maka kita akan kehilangan sejumlah waktu dan kesempatan yang berharga. Kualitas kehidupan, prestasi, dan produktivitas kita pun akan menurun jika kesehatan terganggu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa risiko gangguan kesehatan selalu ada. Apalagi, saat ini potensi penyakit yang bisa menyerang manusia cenderung bertambah. Namun, bukan berarti menjaga kesehatan menjadi lebih sulit untuk dilakukan. 

Ada banyak cara untuk mengupayakan kualitas kesehatan yang lebih baik. Beberapa yang saya lakukan selama ini adalah menerapkan pola makan seimbang, mengkonsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup, dan bergerak aktif setiap hari. Membangun gaya hidup yang baik dan membiasakan berpikiran positif juga penting untuk kesehatan.

Manfaatkan Teknologi

Selain dengan cara-cara di atas, kita juga perlu memanfaatkan inovasi teknologi di bidang kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi mobile "GueSehat".  

Aplikasi GueSehat yang merupakan bagian dari guesehat.com berjalan di perangkat digital berbasis android dan iOS. Aplikasi ini menyediakan informasi-informasi penting seputar kesehatan serta dilengkapi berbagai menu atau fitur interaktif yang membantu kita memahami kondisi kesehatan diri. Menu dan fitur yang sama juga bisa diakses di situs web guesehat.com.

Aplikasi GueSehat dari guesehat.com (dok. pri).

Aplikasi GueSehat dirancang untuk mudah digunakan. Desain dan tampilan antara muka yang didominasi warna putih memberikan kesan sederhana sekaligus modern. Saat pertama kali membuka, kita akan dihadapkan pada tampilan Home.Di bagian ini ada daftar artikel dari beragam topik, seperti Lifestyle, Medis, Sex & Love, dan Wanita. Cukup dengan satu sentuhan jari untuk mengakses dan membaca artikel-artikel tersebut.

Kemudian ada Direktori yang memuat daftar nama dan informasi tentang dokter, rumah sakit, klinik, gym & health club, laboratorium dan sebagainya. Jika kita mengaktifkan fitur GPS pada smartphone maka direktori ini secara otomatis akan menampilkan dokter-dokter, rumah sakit dan fasilitas penunjang kesehatan lainnya yang terdekat dengan lokasi kita berada.  Begitu pentingnya fitur Direktori sehingga di aplikasi GueSehat ada menu pintas untuk mengakses setiap kategori secara lebih cepat dan mudah di bagian atas.

Fitur ini akan sangat membantu kita manakala ingin berobat atau membutuhkan penangangan kesehatan saat kondisi darurat. Apalagi, informasi pada Direktori Gue Sehat dilengkapi dengan keterangan fasilitas kesehatan mana saja yang melayani BPJS Kesehatan.

Berbagai artikel seputar kesehatan dapat dibaca melalui aplikasi GueSehat (dok. pri).

Aplikasi GueSehat menyediakan daftar fasilitas kesehatan lengkap dengan alamat dan layanannnya (dok. pri).

Ada fitur Symptom Checker yang bisa diakses dari menu Sakit Apa.Dengan fitur ini kita bisa melakukan pemeriksaan gejala atau diagnosa mandiri secara sederhana. Untuk mulai menggunakannya, pertama kita harus menyesuaikan jenis kelamin dan umur. Selanjutnya pada layar smartphoneakan muncul gambar figur tubuh menurut jenis kelamin dalam dua sisi, yaitu tampak depan dan belakang. Setelah itu menandai bagian tubuh yang sakit dengan melakukan dua kali sentuhan secara cepat pada layar smartphone. Misalnya, jika kita merasakan sakit di bagian lutut maka kita harus menandai bagian lutut pada figur di layar smartphone.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline