Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Widyaningrum

Pecinta seni dan kabut yang suka nulis dan jalan-jalan

Sering Buat Jamu, Ini 5 Manfaat Telur Ayam Kampung yang Harus Kamu Tahu

Diperbarui: 12 Desember 2022   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Telur ayam kampung (foto by IG @elangayu22)

Memiliki kandang ayam sendiri di rumah memberiku banyak keleluasaan untuk mendapatkan telur ayam kampung. Harga telur yang melonjak bukan halangan untuk membuatku berkarya dengan berbagai menu, toh dapat telur dari kandang.

Murmer karena dari kandang sendiri, sehat dan gizinya bukan kaleng-kaleng lagi. Sebagai emak-emak kekinian, tsaahhh, memiliki persediaan telur dalam kulkas itu harta luar biasa.

Eh duluuu, aku sering diajak ibu kostku ke warung jamu dan campuran jamunya adalah telur ayam kampung. Bahkan aku ingat sekali saat habis melahirkan tiap pagi aku 'harus' menelan telur ayam kampung saat habis diambil dari kandang, biar cepat sehat kata simbah.

Bisa dibilang, semua menu praktis dengan bahan telur. Mau diorak arik, diceplok, didadar bahkan untuk bikin kue dan jadi kulit sosis sedemikian rupa yang menarik menu untuk si kecil. Iya apa iya coba buibu? Hihihi.

Sebagai nutrisi kesehatan tubuh idola emak-emak, telur ayam kampung memiliki banyak manfaat lho. Penasaran?

1. Banyak Mengandung Vitamin D

Menelisik dari berbagai sumber, telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D cukup tinggi. Dibandingkan ayam ras, kandungan vitaminnya diklaim 3 kali lebih tinggi loh. Wah, keren, ya.

2. Menstabilkan Kolesterol

Telur ayam kampung memiliki kandungan Omega 3 yang dapat menurunkan trigliserida sebagai kolesterol jahat pada tubuh. Tentunya berguna agar kolesterol aman sentosa.

3. Menyehatkan Mata

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline