Lihat ke Halaman Asli

Valencia Febriani Yohan

Penerima beasiswa STP Trisakti 2020

Mengenal Section di Housekeeping Department Suatu Hotel

Diperbarui: 1 September 2021   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.mihcaindo.com

Housekeeping merupakan salah satu department di sebuah hotel yang bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan dan perawatan area baik di dalam maupun luar hotel. Dalam kegiatan operasionalnya, Housekeeping Department sendiri terbagi atas beberapa section, yaitu:

1. Room Section

Room attendant bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan dan kelengkapan amenities di kamar tamu. Tak hanya ketelitian saja yang harus dimiliki oleh seorang room attendant, melainkan kejujuran, penguasaan bahasa asing, grooming yang baik, dan keramahan.

2. Florist dan Gardener

Seorang petugas florist dan gardener bertanggung jawab atas semua keindahan taman dan bunga bungaan baik di dalam hotel maupun diluar hotel.

3. Public Area Section

Public area attendant bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan area umum baik di dalam maupun luar hotel. Ruang lingkup kerjanya meliputi lobby, toilet, restoran/bar, koridor, meeting room, ball room, gym, pool, dan area lainnya.

4. Laundry section

Section ini bertugas untuk mencuci dan menyeterika semua linen baik dari kamar tamu maupun outlet lainnya seperti restoran dan spa, dan seragam karyawan. Section ini juga yang akan mencuci dan menyiapkan pakaian tamu jika tamu menggunakan service laundry di suatu hotel.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline