Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Tips Menulis ala ChatGPT

Diperbarui: 7 Maret 2023   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tampilan chatting dengan ChatGPT/sumber: dokpri

Di beberapa grup WA yang saya ikuti sedang heboh ngobrolin kehebatan platform baru yang 'katanya' super cerdas. Bahkan katanya sudah ada yang 'memanfaatkan' Si Cerdas Buatan ini untuk membantunya membuat tugas akhir.

Penasaran, secerdas apa, sih, si AI ini. Saya kemudian mengajukan 3 pertanyaan yang berkaitan dengan tips menulis. Ternyata, eh ternyata, jawabannya memang luar biasa. Silahkan simak jawaban Si AI di bawah ini (setelah saya terjemahkan ke bahasa Indonesia)

Memang jawaban yang diberikan Si ChatGPT ini normatif sebenarnya. Dalam arti apa yang dijelaskan Si ChatGPT dapat kita temukan di beberapa web yang membahas literasi. Yang membuat saya kagum padanya adalah kecepatan dan ketepatan ia menjawab setelah saya mengajukan pertanyaan. Hanya perlu waktu 2-3 menit. Menurut saya ini saingan (malah ancaman) untuk Google sebagai mesin pencari.

Berikut ini tanya jawab saya dengan Si ChatGPT.

Tanya: Apa yang harus saya lakukan jika saya kehilangan ide untuk menulis?

Jawaban Si AI:

Jika Anda kehilangan ide untuk menulis, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan inspirasi dan membuat kreativitas Anda mengalir kembali:

1. Istirahat

Terkadang, istirahat atau melakukan hal lain dapat membantu menjernihkan pikiran dan memberikan perspektif baru. Misalnya berjalan-jalan, membaca buku, atau terlibat dalam aktivitas kreatif yang berbeda.

2. Brainstorming

Coba lakukan brainstorming dengan diri sendiri atau orang lain untuk menghasilkan ide-ide baru. Tuliskan apa pun yang terlintas dalam pikiran, meskipun awalnya tampak konyol atau tidak relevan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline