Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Borong 11 Juara di Silat Apik PTMA 2025, Ikom Umsid Konsisten Pertahankan Prestasi

Diperbarui: 2 Juli 2025   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Ikom Umsida

Berpartisipasi dalam agenda tahunan Silaturahmi Nasional Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (SILAT APIK PTMA) 2025, para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Ikom Umsida) berhasil membawa pulang 11 kejuaraan.

Lihat juga: Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida

Bertempat di Universitas Muhammadiyah Cirebon, acara ini digelar selama tiga hari (22-24/6/2025) dan diikuti oleh ratusan delegasi dosen dan mahasiswa Prodi Ikom Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia.

9 Delegasi Ikom Umsida Raih 11 Juara

Sembilan delegasi mahasiswa Ikom Umsida berhasil memborong 11 penghargaan dari berbagai kategori lomba, mulai dari public relations, reportase, fotografi, hingga konten kreator. 

Mereka membuat karya epik tersebut berdasarkan tema acara yaitu Digitizing Local Values: Culturally-Based Inclusive Communication Strategies in the Digital Transformation Era.

Dok Ikom Umsida

Prestasi gemilang mahasiswa Ikom tersebut di antaranya:

  1. Lailatul Mufidah, juara 1 lomba Iklan Layanan Masyarakat
  2. M Rehyan Iza M, juara 1 lomba Konten Kreator kategori script writer dan sinematografi
  3. Hilma Aditya W, juara 3 lomba Konten Kreator kategori digital konten dan sinematografi
  4. Salwa Rizky A, juara 2 lomba Reportase kategori visualisasi terbaik
  5. Putri Mega S, juara 2 lomba Reportase kategori narasi terbaik
  6. M Fabian E, juara 3 lomba Fotografi kategori environmental photography
  7. Marchelia Chely H, juara 3 lomba Fotografi kategori human interest
  8. Nabilah Eka P, juara harapan 2 lomba Public Relation Campaign
  9. Maheswara Nagata, juara harapan 3 lomba Public Relation Campaign

Seluruh karya yang ditampilkan menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam mengangkat tema budaya lokal dan mengemasnya dalam format digital yang menarik serta komunikatif.

Membumikan Budaya Melalui Narasi dan Visual

Prestasi pertama datang dari Lailatul Mufidah yang meraih Juara 1 lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan tema kebersihan alam, banjir, dan pemanfaatan air.

"Saya menyusun naskah, merekam voice over, lalu melakukan proses editing. Saya mengambil topik sesuai ketentuan dan menggabungnya dengan fokus utama lomba yaitu seputar budaya Cirebon," tutur Mufidah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline