Lihat ke Halaman Asli

Lomba TPQ Memperingati Harlah Ke-95 NU di TPQ Nurul Iman

Diperbarui: 19 Februari 2021   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kwaron 1, Bangetayu Kulon, Semarang. Foto: dok. pribadi

-- Mahasiswa KKN UIN Walisongo kelompok 40 telah mengadakan lomba TPQ dalam rangka memperingati Harlah NU Ke 95 di TPQ Nurul Iman, Jalan Kwaron 1, Kelurahan Bangetayu Kulon, Semarang Senin (01/02/2021) dan dilanjut hari Rabu (17/02/2021) untuk membagikan hadiah sekalian penutupan kegiatan KKN di Kwaron 1. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa TPQ Nurul Iman sebanyak 30 anak, mulai dari TK sampai kelas 6 SD. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari kepala TPQ, Ibu Darwati. 

"Acara ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan santriwan-santriwati TPQ, dan dapat meningkatkan semangat belajar kembali. Selain itu, kegiatan lomba ini juga sebagai ajang hiburan bagi santri agar tidak jenuh mengikuti pelajaran yang monoton setiap harinya, mengingat situasi pandemi, anak-anak lebih sering belajar di rumah. Sehingga dengan acara ini diupayakan dapat mengurangi kejenuhan yang dirasakan oleh anak-anak." ucap Shofi'i.

Cabang lomba yang direncanakan terdiri dari lomba adzan, lomba mewarnai, lomba menghafal surat pendek dan lomba menghafal do'a harian. Masing-masing lomba terdapat kriteria yang telah ditentukan. Seperti lomba adzan khusus santriwan saja, untuk lomba mewarnai dan hafalan-hafalan dibagi dalam kriteria Besar (umur 8 tahun keatas) sedangkan Kecil (umur 5 sampai 7 tahun).

Kegiatan berjalan sangat meriah dan diikuti peserta dengan antusias. Mereka sangat senang dengan adanya lomba-lomba ini.

"Kegiatan ini sangat seru, bisa menambah pengalaman dan juga sebagai hiburan bagi teman-teman," tutur Nobel, runner-up lomba menggambar.

Pemenang dari lomba-lomba ini mendapatkan piala dan juga hadiah. Selain itu, bagi peserta yang belum mendapatkan hadiah. KKN Walisongo juga menyiapkan doorprize dengan menjawab soal-soal yang berkaitan dengan do'a harian ataupun do'a dalam rukun sholat. 

Pengirim: Ulil Khoirun Niam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline