Lihat ke Halaman Asli

Apakah Kecemasan Itu Tidak Penting dan Harus Dihindari dengan Sesegera Mungkin?

Diperbarui: 29 November 2021   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah kecemasan itu tidak penting dan harus dihindari dengan sesegera mungkin?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, 29 November 2021

Pada tulisan di atas (sebelumnya), kita mengetahui bahwa kecemasan tersebut bisa dialami oleh siapapun tanpa terkecuali dan semua orang pasti pernah mengalami kecemasan. Hal tersebut dinyatakan oleh Ramaiah, dkk., (2003:ix), dimana Ramaiah, dkk., mengatakan bahwa: kecemasan adalah sesuatu yang menimpa hampir setiap orang pada waktu tertentu dalam kehidupannya.

Kecemasan dialami oleh siapapun tanpa terkecuali, misalnya pada anak-anak yang cemas karena jauh atau tidak bertemu dengan orangtuanya pada waktu tertentu. 

Selain itu, pada remaja, kecemasan dialami misalnya remaja yang merasa khawatir atau panik dengan nilai-nilai yang diperoleh dalam setiap mata pelajaran di sekolah, dimana jika tidak lulus akan dihukum oleh orangtua atau dipermalukan oleh teman-teman di dalam kelasnya. 

Orangtua juga mengalami kecemasan, misalnya dalam hal masa depan anaknya, dimana orangtua merasa khawatir atau panik seperti apa dan bagaimana masa depan dari anak-anaknya kelak. 

Apalagi bagi orangtua yang memiliki anak-anak yang kurang pintar atau malah anak-anak yang sering membuat ulah di dalam kelas, maupun di luar kelas (dengan kata lain adalah siswa yang bandel atau melawan).

Begitu juga dengan kakek atau nenek, kakek atau nenek juga pasti mengalami yang disebut sebagai kecemasan tersebut, dimana misalnya kecemasan mereka adalah tentang kesehatan mereka. Hal tersebut karena tubuh dari kakek atau nenek itu yang kian melemah dari hari ke hari. 

Selain itu, disebabkan juga karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh kakek atau nenek tersebut selagi masih muda. Sehingga membuat kakek atau nenek merasa khawatir atau panik jika makan "ini", akan dapat mengalami penyakit "ini", dimana tergantung dari apa makanan yang dikonsumsi, seberapa banyak makanan itu dikonsumsi dan apa organ tubuh yang akan dipengaruhinya. 

Terlalu banyak tidak baik, begitupula jika terlalu sedikit juga tidak baik. Ahli bedah muda yang cakap bernama Louis Gibson dan seorang internis muda yang pandai bernama Robert S. Bone, yang merupakan salah satu dokter muda yang terkemuka yang telah mendirikan dan memimpin "The Medical Arts Clinic" klinik pengobatan di Corsicana, Texas, mengatakan kepada Haggai (1986:9) bahwa: keluhan utama dari lebih 70% orang-orang yang datang kepada mereka adalah tidak dapat tidur, yang diakibatkan oleh yang disebut sebagai kuatir atau kecemasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline