Lihat ke Halaman Asli

Tori susanto

Penulis dan pebisnis senior

Sejarah Berdirinya IPSI, Induk Olahraga Silat Indonesia

Diperbarui: 3 Juni 2020   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Asosiasi Pencak Silat Indonesia atau yang dikenal IPSI adalah organisasi induk resmi dari Cabang Olahraga Pencak Silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komisi Olahraga Nasional Indonesia).

Pencak Silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Melayu, termasuk Indonesia. Berdasarkan catatan PB IPSI hingga tahun 1993, jumlah sekolah seni bela diri di Indonesia mencapai 840 sekolah seni bela diri.

Organisasi induk pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Asosiasi Pencak Silat Indonesia). IPSI didirikan pada 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

Sejarah IPSI

Perhimpunan Pencak Silat Indonesia ( 1922 )

Upaya menyatukan Pencak Silat sudah dimulai dan dilakukan sejak zaman kolonial Belanda. Pada tahun 1922 di daerah Segalaherang, Subang, Jawa Barat, Asosiasi Pencak Silat Indonesia didirikan untuk menggabungkan masuknya pencak barat Jawa yang tersebar di seluruh nusantara.

Selama pendudukan Jepang, Presiden Sukarno adalah pelindungnya. Upaya yang sama diadakan di Yogyakarta.

Gabungan Pencak Mataram (-Tahun 1943 )

Beberapa prajurit seni bela diri datang, dan mereka t. Harimurti berasal dari Krisnamurti, Abdullah berasal dari Pencak Kesehatan, R. R. Sunardi Suryodiprojo berasal dari Reti Ati, dan mendirikan sebuah organisasi bernama Gabungan Pencak Mataram (GAPEMA) untuk mengangkat pencak silat yang muncul di Kesultanan Yogyakarta.

GAPEMA adalah batalion yang anggotanya semua adalah pejuang dan ambil bagian dalam perjuangan untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Gabungan Pentjak Seluruh Indonesia (Tahun 1947 )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline