Lihat ke Halaman Asli

Tirta Bil Sagara

KKN KS 06/PBL KS 31 (Kesehatan Masyarakat)

Bersepeda di Tengah Pandemi, Apakah Efektif dalam Mencegah Covid-19?

Diperbarui: 20 Agustus 2020   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Banyaknya masyarakat yang bersepeda menjadi trend gaya hidup ditengah pandemi covid-19.

Setelah pemerintah mencabut lockdown di Indonesia dengan digantinya fase new normal, masyarakat seakan-akan menjadikan bersepeda menjadi sarana rekreasi,

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga, sehingga banyak manfaat bagi tubuh. selain mempunyai daya tahan tubuh yang baik, kamu juga mendapatkan efek rileks dari bersepeda.

Bagi industri sepeda, permintaan sepeda dikabarkan melonjak di tengah merebaknya wabah pandemi covid-19. Trend jumlah orang bersepeda sudah dirasakan beberapa minggu pasca lockdown.

Fase new normal yang sekarang sedang diterapkan membuat banyak orang tidak lagi takut dengan virus covid-19. Hal ini dikarenakan oleh protokol kesehatan yang mesti ditaati dan mesti diterapkan.

Namun, trend bersepeda ini banyak sekali masyarakat yang lalai atau sama sekali tidak mematuhi protokol kesehatan di era new normal ini. Seperti memakai masker, phsical distancing (jaga jarak), membawa hands sanitizer, serta memakai baju lengan panjang. hal ini akan menyebabkan kamu tertular virus covid-19 jika kamu tidak menerapkan protokol kesehatan.

meski begitu, seseorang masih perlu melakukan langkah-langkah keamanan agar tidak tertular virus covid-19 ketika bersepeda.

1. Menghindari naik sepeda berkelompok.

Anda disarankan tidak naik sepeda berkelompok untuk menjaga  jarak sosial meski aturan pembatasan sosial telah dolonggarkan. Tetapi, jarak sosial masih perlu diterpakn selama pandemi virus corona belum selesai.

2. Pastikan selalu memakai helm, masker dan sarung tangan ketika bersepeda.

Pemakaian masker dan sarung tangan bisa m,embantu anda menghindari menyetuh wajah ketika bersepeda. karena, kebiasaan itu bisa meninggalkan risiko penularan virus corona.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline