Lihat ke Halaman Asli

TauRa

TERVERIFIKASI

Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Memaknai Peran Guru dalam "Silabus Kehidupan" Kita

Diperbarui: 25 November 2020   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metode pengajaran yang tepat bisa menentukan hasil yang diharapkan tercapai (kajianpustaka.com)

"Tell me and I forget, Teach me and I know, Involve me and I learn"

Kira-kira beginilah arti dari ungkapan indah ini, "Beri tahu aku, maka aku akan lupa. Ajari aku, maka aku akan tahu, Dan Libatkan aku, maka akupun akan belajar".

Kalimat indah ini sengaja saya berikan di depan untuk menjadi refleksi diri kita bersama sejenak, secara khusus yang mengaku sebagai guru (guru dalam aspek apapun), sudah sejauh manakah kita menjadi "guru" untuk peserta didik kita (atau siapa saja yang menjadi murid). 

Apakah kita memang sudah memenuhi "kualifikasi" sebagai seorang guru yang tidak hanya mengajar secara formal, tetapi juga secara mental dan spiritual? ataukah jangan-jangan kita masih berkutat pada diktat, materi dan metode pembelajaran "terbelakang" (terlepas dengan kurikulum yang terus diperbaharui) yang selama ini dianggap sudah memenuhi standar lalu kita ingin dianggap dan diperlakukan "istimewa" karena profesi kita adalah seorang guru?

Merenung tentu saja selalu baik daripada merasa baik. Karena dari renungan bisa jadi muncul kebijaksanaan dan pada akhirnya akan melahirkan sikap dan cara pandang baru yang terkadang tidak jarang mengubah pendekatan yang kita lakukan selama ini, khususnya profesi kita sebagai tenaga pendidik (guru dan seterusnya).

Kita sepakat kalau kita ada dan menjadi apa hari ini, tidak terlepas dari kontribusi guru-guru hebat yang sudah "melahirkan" murid-murid yang juga hebat seperti kita. Tetapi lebih jauh, zaman berubah, waktu berganti dan masa berputar. Semua perubahan itu tentu saja harus melahirkan perubahan selanjutnya.

Perubahan yang terjadi tentu saja harus diikuti dengan perubahan metode, perubahan sikap, attitude dan lain sebagainya termasuk perubahan sikap pengajarnya dalam aspek pendidikan (misalnya).

Terkait hal ini, mari kita lihat, seperti apakah sebenarnya posisi kita sebagai guru? apakah kita masih berada di "level dasar" menjadi seorang guru? ataukah justru peran kita (sebagai guru) dalam membangun "silabus kehidupan" masyarakat (yang kita didik) memang sudah berada di posisi semestinya? Mari kita lihat.

Guru di level "Telling" 

Coba ingat kembali siapa guru mata pelajaran fisika Anda waktu SMA dulu. Ingat? kalau guru mata pelajaran agama Anda dulu ketika SD? Kalau guru kerajinan tangan Anda ketika SD dulu?

Kalau guru itu masih Anda ingat hingga saat ini, maka bisa jadi guru itu adalah salah satu atau salah dua dari guru paporit Anda, atau minimal guru yang Anda gemari. 

Tetapi kalau Anda lupa dengan guru itu, atau Anda sangat sulit mengingat namanya, bisa jadi itu guru yang biasa-biasa saja atau sama sekali tidak menarik perhatian Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline