Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Rahman

TERVERIFIKASI

profesional

Apakah Saat Ini Waktu Terbaik Me-reformat (Ulang) Rencana Anda?

Diperbarui: 17 Juli 2020   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto ilustrasi: www.pbctoday.co.uk

Pernahkah Anda meramalkan akan seperti apa hidup Anda kelak - seusai pandemi? Atau, akan seperti apa pekerjaan Anda kelak? 

Empat bulan lebih sudah kita terbiasa hidup tanpa melakukan hubungan sosial, tidak saling mengunjungi, dan tidak juga melakukan rutinitas seperti yang biasa dilakukan sebelum pandemi.

Kita tidak lagi melihat bapak-bapak yang pergi tergopoh-gopoh ke kantor pada pagi hari hingga ia belum sempat mencium kening putrinya yang masih terlelap dan pulang pada saat malam sudah sangat larut. Benar-benar tidak sama sekali.

Hari-hari ini, ketakutan terhadap Covid-19 masih saja terus menjadi bahan berita dan topik percakapan. Orang-orang yang merasa jenuh dan stress mengeluh menceritakannya setiap hari. 

Bahan bakar untuk memanasi mesin ekonomi sedang seret, pengangguran ada dimana-mana, orang-orang mengeluh hidup mereka megap-megap dihimpit segenap kesulitan karena Covid-19.

Adakah orang yang sepuluh tahun lalu bisa meramalkan keadaan yang seperti hari ini?

Covid-19 benar-benar merubah semuanya. Tak hanya perilaku sosial sehari-hari, tetapi juga cara-cara orang bekerja. 

Ya, bagi beberapa orang yang memikirkan nasib dan pekerjaannya ke depan, orang-orang yang memiliki plastisitas - kapasitas untuk segera menyesuaikan diri, mereka menjadikan pandemi ini justru sebagai momen untuk merencanakan ulang hidup dan rencana hidup (baca: pekerjaan).

Masa depan yang sudah direncanakan matang mulai sekarang harus dirubah, dirancang ulang, dan di-reformat. Contoh sangat sederhana: alih profesi.

Ya, alih profesi atau alih bisnis menjadi pengusaha rumahan akhirnya menjadi solusi. Berbagai jenis usaha dan bisnis makanan (frozen food) di online shop kini bermunculan dan menjadi 'trending'. Banyak teman dan sahabat-sahabat saya yang mencobanya.  

Pengalaman alih profesi ini, sebagai contoh saja, dilakukan Tyo - mantan profesional yang pernah bekerja sebagai kepala K3L (manager EHS) di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline