Lihat ke Halaman Asli

Tamara Oktaviani Chaerunisa

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Perubahan Pola Pikir Masyarakat Pasca Fenomena Bjorka

Diperbarui: 16 September 2022   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

FENOMENA maraknya para peretas ilegal yang tertangkap aparat keamanan membuat hati saya terketuk untuk mengangkat berita ini menjadi sebuah artikel. Sebelumnya kita telisik dulu apasih hacker itu?

Hacker adalah orang yang dengan kemampuan pemrograman yang baik dapat menembus sistem keamanan komputer dan jaringan komputer. Tujuan berkisar dari pengujian sistem keamanan untuk melakukan kejahatan.

Peretasan yang merugikan pihak tertentu adalah tindakan kriminal. Contohnya kasus Bjorka yang marak akhir-akhir ini karena meretas data pribadi milik negara.

hacker dapat mengancam dan meminta tebusan untuk mengembalikan website seperti semula.

Sementara itu, ada pula hacker yang dimanfaatkan untuk tindakan legal. Misalnya seperti menguji sistem keamanan data perusahaan tertentu. serangan hacker yang akan dibahas adalah serangan hacker yang merugikan pemilik website.

Memang biasanya hacker mengincar website-website milik pemerintahan, perbankan, lembaga keuangan, atau perusahaan besar lainnya.

Namun, jangan salah! Riset tahun 2019, ternyata juga menyasar website bisnis kecil. Itu artinya, semua pemilik bisnis online perlu waspada terhadap serangan hacker. Motifnya, tentu saja mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

SISI NEGATIF HACKER

Ada beberapa jenis hacker dengan maksud dan tujuan yang berbeda-beda, namun hacker itu sendiri juga memiliki kelemahannya masing-masing. Sisi buruk hacker adalah:

  • Penciptaan virus berbahaya. Keterampilan mereka sering membuat mereka melakukan kejahatan untuk keuntungan pribadi. Salah satunya adalah membuat virus atau malware dan menyebarkannya ke perangkat lain.
  • Merugikan banyak pihak. Ini sering dilakukan oleh peretas jahat menggunakan keahlian mereka. Ini seperti menyuntikkan virus dan mengambil beberapa data penting untuk keuntungannya sendiri.
  • Penanganan hukum dimungkinkan. Jika Anda menggunakan kekuatan Anda untuk melakukan hal-hal buruk, Anda pasti akan bermasalah dengan hukum jika tindakan Anda terungkap. Tidak jarang para hacker mendapatkan pemeriksaan polisi dan masuk penjara karena tindakan mereka telah merugikan banyak orang.

CARA MENGHINDARI SERANGAN HACKER

 Setelah maraknya kasus pencurian data kini masyarakat mulai mawas diri terhadap sosial media dan akun-akun website agar tidak mudah dibobol oleh para hacker. Berikut adalah langkah-langkah pengamanan yang bisa digunakan untuk mencegah serangan hacker.

  • Install Security Plugin
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline