Lihat ke Halaman Asli

Syahrial

TERVERIFIKASI

Guru Madya

Jurus Sakti Guru: Dilema Motivasi Belajar dan Konsekuensi

Diperbarui: 29 Februari 2024   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi via image creator Canva 

"Motivasi bagaikan api yang membakar semangat belajar. Guru, bagaikan pemantik yang menyalakan api itu."

Sebagai seorang guru, menemui sekelompok siswa dengan motivasi belajar rendah bagaikan menemukan jalan buntu. Berbagai upaya telah dicoba, namun bagaikan menegakkan benang basah. Di akhir semester, kenyataan pahit menanti: nilai yang tak kunjung terkumpul, dan bayang-bayang siswa tak naik kelas. Dilema pun muncul: antara idealisme pendidikan dan tanggung jawab untuk mengantarkan siswa ke jenjang berikutnya.

Motivasi Belajar: Kunci Utama Pendidikan

Motivasi belajar merupakan kunci utama dalam pendidikan. Tanpa motivasi, siswa bagaikan perahu tanpa nahkoda, terombang-ambing tanpa tujuan. Rendahnya motivasi belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

# Faktor internal: Kurangnya minat pada materi pelajaran, rasa bosan, dan rendahnya kepercayaan diri.

# Faktor eksternal: Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya, metode pembelajaran yang tidak menarik, dan kurangnya dukungan dari guru.

Guru telah berusaha keras untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Berbagai metode pembelajaran inovatif telah dicoba, namun tak kunjung menunjukkan hasil yang signifikan. Rasa frustrasi pun tak terhindarkan.

Dilema Guru: Idealitas vs Pragmatisme

Dihadapkan pada kenyataan pahit di akhir semester, guru dihadapkan pada dua pilihan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline