Lihat ke Halaman Asli

Tujuh Kiat Sukses

Diperbarui: 19 September 2022   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sukses (sumber: idnyimes com)

Setiap orang selalu ingin sukses. Untuk itu kita harus memahami kiatnya. Agar dapat mencapai kesuksesan dalam hidup, kita mrmbutuhkan tujuh kiat berikut:

1. Pendidikan

Selain pendidikan formal melalui sekolah, dari SD hingga SMU/STM/SMEA/SAA, bahkan hingga mampu kuliah hingga meraih gelar S1, S2 hingga S3.

Bahkan setelah lepas dari sekolah / kuliah formal, kita harus tetap belajar, tentang pengetahuan dan keterampilan. Bila upah ART, sopir dan sejenisnya makin tinggi, sudah seharusnya kita mampu melakukannya sendiri. Kita harus mampu mengikuti perkembangan  teknologi, cara menggunakan alat-alat yang berbasis teknologi, mengetahui prinsip kerja mata uang kripto, dan lain-lain.

Intinya, kita harus gila belajar.

2. Membaca buku

Hilangkan kegemaran jajan atau nongkrong di gerai kopi kekinian. Manfaatkan uang kita untuk membeli buku. Dengan banyak membaca buku, kita akan lebih terpacu mendapatkan ide-ide kreatif.

3. Menunda keinginan sesaat

Lebih mengutamakan kepentingan jangka panjang, misal investasi di properti, saham, emas, kendaraan daripada kesenangan sesaat seperti pesta, makan-makan di rumah makan mewah, memakai busana bermerek, atau berwisata keliling dunia.

4. Berhemat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline