Lihat ke Halaman Asli

Susanah

profesi guru

Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik di SD

Diperbarui: 24 Januari 2023   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BEST PRACTICES

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 3 SD NEGERI 03 BENUA KAYONG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL )

Penulisan best practices ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran tematik di kelas 3 SD Negeri 03 Benua Kayong kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik pasif, kesulitan dalam memahami pembelajaran yang disampaikan guru yang ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik yang masih rendah dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik yang masih 50 %. Guru masih mendominasi pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik anak.

Sebagai seorang guru, saya merasa pentingnya membagikan pengalaman praktik baik dengan situasi yang telah dilalui dapat menjadi referensi, rujukan atau sumber informasi bagi rekan guru lainnya untuk menyiapkan rencana pembelajaran serta implementasnya di dalam kelas yang memiliki permasalahan yang sama ataupun situasi kelas yang berbeda.

Berdasarkan undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa  guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah maka seorang guru memiliki peran dan tanggung jawab untuk  memperbaiki situasi yang terjadi di dalam kelasnya.

Sesuai dengan permasalahan yang terjadi, yaitu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik pasif, jarang bertanya, kesulitan dalam memahami pembelajaran yang disampaikan guru, maka diterapkan model pembelajaran yang menarik dan inovatif serta mengintegrasikan media pembelajaran yang berbasis tik agar terdapat perubahan, yaitu :

peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran

pembelajaran menjadi lebih menarik

pembelajaran dapat tersampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdapat beberapa hal yang menjadi tantangan, yaitu :

  • Peserta didik tidak percaya diri
  • Peserta didik belum terbiasa melakukan diskusi kelompok.
  • Mempersiapkan perangkat membutuhkan waktu lebih lama daripada estimasi perkiraan waktu.
  • Listrik yang sering mati saat pembelajaran sedang berlangsung.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline